Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Rekening Koran: Pengertian, Fungsi, Syarat dan Cara Cetak

Rekening Koran: Pengertian, Fungsi, Syarat dan Cara Cetak

Bagi beberapa orang mungkin masih asing dengan istilah rekening koran. Salah satu bentuk transaksi ini seringkali diminta oleh perusahaan tempat Anda bekerja. Bahkan juga bisa menjadi persyaratan untuk memperoleh visa ke luar negeri. Lantas bagaimana cara mengajukannya?

Pengertian Rekening Koran

Rekening koran merupakan ringkasan transaksi dari suatu rekening milik individu atau badan usaha secara menyeluruh. Data yang ada di dalamnya menunjukkan rincian terkait alur debit serta kredit (termasuk juga mengenai dana transfer masuk ataupun keluar).

Dulunya, nasabah perlu mengajukan rekening koran jika ingin mengecek keseluruhan rincian transaksi rekeningnya. Ketentuan dari setiap bank pun berbeda-beda. Beberapa diantaranya akan mengirimkan meskipun tidak diajukan.

Ada juga bank yang membutuhkan waktu lama untuk memproses pengajuan dari nasabah. Pasalnya customer service biasanya akan meminta persetujuan terlebih dahulu dari atasannya sebelum membuatkan rekening koran.

Beberapa Fungsi Rekening Koran

Nyatanya masih banyak orang yang melakukan pengajuan rekening koran untuk berbagai keperluan. Padahal beberapa bank sudah menyediakan layanan secara online guna memudahkan nasabah. Lantas apa saja manfaatnya?

1. Pengajuan Visa

Anda perlu mengajukan visa agar bisa pergi ke luar negeri dalam berbagai keperluan baik urusan pekerjaan atau sekedar berlibur. Selama permohonan ini, salah satu syaratnya adalah rekening koran sebagai bukti kepemilikan dana guna menghindarkan dari tidak adanya biaya selama di negara tujuan.

Tidak hanya rekening koran saja, nyatanya masih ada persyaratan lain yang menunjukkan bahwa orang tersebut memang mampu untuk pergi ke luar negeri. Beberapa diantaranya ialah slip gaji, Surat PBB dan Surat PPh.

2. Mengetahui Riwayat Transaksi

Fungsi dari rekening koran memang hampir sama dengan buku tabungan yakni menunjukkan riwayat transaksi selama periode tertentu seperti tiga atau enam bulan terakhir. Anda bisa melihat informasi mengenai jumlah saldo, bunga bank, arus debit dan kredit hingga biaya administrasi.

Rekening koran memiliki satu perbedaan dengan buku tabungan yakni mampu menampilkan informasi detail pada saat transaksi dilakukan. Misalnya Anda bisa melihat pesan yang dicantumkan ketika menerima transfer uang.

3. Mengajukan Pinjaman

Sama halnya dengan pengajuan visa, adanya rekening koran bisa menjadi bukti bahwa Anda benar-benar memiliki sejumlah uang dan tidak pernah melakukan transaksi yang menyalahi aturan. Hal ini menjadi salah satu dokumen wajib pada saat mengajukan pinjaman.

Misalnya jika Anda sedang mengajukan KPR (Kredit Kepemilikan Rumah), maka harus menyiapkan rekening koran sebagai bukti bahwa alur transaksi di dalam rekening memang dilakukan secara sehat. Dokumen ini menjadi persyaratan wajib terutama bagi mereka yang tidak bekerja di suatu perusahaan.

4. Sebagai Bukti Hukum

Rekening koran dapat Anda manfaatkan sebagai bukti hukum dan benar-benar dapat dipertanggungjawabkan. Biasanya kasus seperti ini bisa saja terjadi jika sedang mengalami penipuan atau proses pembelian tidak kunjung diproses setelah pembayaran sudah dilakukan.

Misalnya jika Anda sudah yakin telah melakukan pembayaran ke toko online dalam jumlah yang besar namun pihak penjual merasa belum menerima uang tersebut. Kasus seperti ini dapat dibuktikan dengan adanya rekening koran untuk menunjukkan bukti transfer.

Syarat Cetak Rekening Koran

Anda perlu mempersiapkan beberapa persyaratan jika ingin mengajukan rekening koran. Yaitu:

  • Pertama ialah buku tabungan asli. Nantinya nasabah dapat memberikannya kepada customer service agar proses pengajuan bisa berlangsung cepat.
  • Kedua yakni kartu identitas berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP). Customer service akan mencocokkan data diri nasabah dengan informasi yang tertera di buku tabungan. Anda pun bisa membawa dokumen lainnya seperti paspor ataupun SIM.
  • Syarat ketiga yakni kartu debit. Customer service akan memintanya sebagai bukti kepemilikan rekening atas suatu bank. Jangan lupakan untuk mempersiapkan setidaknya ketiga persyaratan tersebut saat ingin mencetak rekening koran.

Cara Cetak Rekening Koran di Bank

Sebenarnya cara mencetak rekening koran tidaklah susah. Beruntung sekali jika Anda hendak mengajukannya di saat pihak atasan bank sedang ada di tempat sehingga bisa langsung diproses. Pertama yakni datangi kantor cabang terdekat sesuai dengan kepemilikan buku tabungan.

Anda bisa mempersiapkan beberapa persyaratan mulai dari buku tabungan asli, kartu identitas dan kartu debit. Serahkan saja kepada customer service dan tunggulah agar petugas memprosesnya. Biasanya tahapan ini memerlukan waktu lama jika pihak atasan tidak kunjung memberikan persetujuan.

Anda pun tinggal menunggu proses tersebut hingga rekening koran berhasil disetujui. Jangan lupa untuk menyiapkan biaya cetaknya sebab setiap bank memiliki tarif yang berbeda-beda. Misalnya Bank BCA Rp 2.500 setiap lembar sementara Bank BNI Rp 3000 setiap lembarnya.

Contoh Rekening Koran

Rekening koran memang digunakan untuk berbagai keperluan seperti pengajuan visa atau kredit rumah. Anda pun bisa mencetaknya secara mudah melalui kantor cabang bank terdekat dengan membawa beberapa persyaratan mulai dari buku tabungan, kartu identitas dan juga kartu debit.

Lihat Juga :

Akhir Kata

Demikian penjelasan tentang Rekening Koran, mulai dari pengertian, fungsi, syarault cetaknya hingga cara untuk mencetak rekening koran itu sendiri. Semoga tulisan ini bisa memberikan tambahan wawasan pengetahuan kepada pembaca semua, sampai jumpa kembali.