Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Syarat, Biaya dan Cara Cetak Rekening Koran Bank Mandiri

Syarat, Biaya dan Cara Cetak Rekening Koran Bank Mandiri

Pada kesempatan kali ini Kored akan berbagi informasi bagaimana cara mencetak rekening koran Bank Mandiri disertai dengan syarat dan biaya cetak per lembarnya. Oleh karena itu bagi kalian yang merupakan nasabah dari bank mandiri dan ingin tahu tentang rekening koran, silahkan baca hingga akhir.

Seperti kita ketahui berdasarkan artikel sebelumnya yang membahas seputar rekening koran, fungsi dari lembaran kertas yang berisi rincian transaksi keuangan dari suatu rekening ada banyak, mulai dari untuk pengajuan pinjaman, pembuatan visa, sebagai barang bukti hukum dan masih banyak lagi.

Sehingga bagi nasabah Bank Mandiri yang membutuhkan cetakan rekening koran, sebagikanya ketahui syarat, biaya dan cara mencetaknya berikut ini.

Syarat Cetak Rekening Koran Mandiri

Sebelum melangkah lebih jauh alangkah baiknya ketahu dulu syarat yang harus dipersiapkan ketika akan mencetak rekening koran bank mandiri. Syarat yang harus dipersiapkan antara lain 

1. Kartu Tanda Penduduk atau e-KTP

Syarat pertama yang harus dipersiapkan yaitu kartu identitas KTP. Ini merupakan hal lumrah dan wajib dibawa untuk keperluan administrasi. Selain itu fungsi KTP pada saat cetak rekening koran Mandiri adalah untuk mencocokkan apakah sesuai dengan buku tabungan.

Apabila kalian tidak dapat menunjukkan KTP, alternatifnya bisa menggunakan surat ijin mengemudi (SIM) atau Paspor.

2. Buku Tangungan Bank Mandiri Asli

Syariat kedua nasabah wajib membawa buku rekening tabungan asli guna untuk mencocokkan dengan identitas KTP seperti syarat pertama.

3. Kartu Debit Mandiri

Karena rekening koran berisi data sensitif terkait transaksi keungan dari Nasabah dan tak jauh berbeda dengan data yang ada di kartu Debit. Maka syarat ketiga kalian wajib membawa kartu debit mandiri sebagai bukti kepemilikan dari buku tabungan yang dibawa.

4. Membayar Biaya Cetak

Mencetak rekening koran mandiri tidaklah gratis, karena setiap kali mencetak bisa berlembar-lembar. Namun jangan khawatir walaupun harus bayar, biayanya tidak mahal dan bisa dikatakan murah. Jadi nanti teller akan menginformasikan kepada kalian berapa biaya yang harus dibayar sesuai dengan jenis tabungan. Rincina biaya cetak rekening koran mandiri bisa klian lihat berikut ini.

Biaya Cetak Rekenin Koran Bank Mandiri

Setiap jenis rekening tabungan Mandiri memiliki biaya tersendiri pada saat akan mencetak rekening koran, rinciannya seperti di bawah ini.

  • Mandiri Tabungan = Rp 2.000 per lembar
  • Mandiri Tabungan Rencana = Rp 3.000 per lembar
  • Mandiri Giro Rupiah = Rp 2.000 - 20.000 per lembar

Khusus untuk jenis tabungan Giro, biaya berdasarkan periode yang akan dicetak. Semakin lama periode yang ingin dicetak maka semakin besar pula biayanya. Misalkan ingin mencetak rekening kiran Mandiri Giro dengan periode lebih dari 12 bulan.

Cara Cetak Rekening Rekening Koran Mandiri

Langkah-langkah untuk mencetak rekening koran bank Mandiri secara offline yaitu sebagai berikut :

Langkah 1

Pertama, siapkan semua syarat yang sudah dijelaskan seperti di awal artikel ini. Kemudian kunjungi unit kerja kantor Bank Mandiri terdekat. Ingat disarankan kalian sendiri atau orang yang bersangkutan yang mengunjungi kantor dan tidak diwakilkan.

Langkah 2

Kedua, setelah sampai di kantor bank minta bantuan satpam untuk diarahkan bahwa kalian ingin cetak rekening koran. Selanjutnya Satpam akan mempersilahkan ke customer service atau diberikan nomor antrian jika memang harus antri.

Langkah 3

Ketiga, setelah waktunya tiba dan kalian sudah dipersilahkan ke customer service. Informasikan kepada teller/cs bahwa kalian ingin mencetak rekening koran.

Kemudian kalian akan diminta persyaratan yang sudah dipersiapkan di awal. Silahkan ikuti saja alur yang diberikan hingga proses cetak rekening koran Mandiri selesai. Tidak perlu menunggu waktu lama  cetakan rekening koran sudah jadi sesuai dengan permintaan nasabah disertai dengan cap dan tanda tangan dari pihak bank. Sehingga legal apabila ingin dipakai untuk keperluan hukum.

Gambar Rekening Koran Mandiri

Cetak Rekening Koran Mandiri Secara Online

Selain secara convensional atau datang langsung ke kantor bank, sebenarnya kalian juga dapat mencetaknya sendiri. Terlebih jika keperluan hanya untuk mencocokan atau melihat rincian transaksi saja. Maka kalian dapat memanfaatkan cetak mutasi dari internet banking Mandiri.

Secara sederhana, kalian cukup masuk ke internet banking mandiri. Kemudian pilih menu Mutasi dan pilih periode waktu yang ingin dilihat. Setelah itu akan terlihat rincian transaksi keuangan dari rekening bank Mandiri sesuai periode waktu yang dipilih dan untuk mencetak cukup klik menu Cetak.

Lihat Juga :

Demikian penjelasan tentang syarat, biaya dan cara cetak rekening koran Bank Mandiri. Semoga tulisan ini bisa bemanfaat dan memberikan tambahan wawasan pengetahuan bagi kita semua, sampai jumpa kembali.