Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Mudah! Cara Cetak Rekening Koran Bank BRI

Mudah! Cara Cetak Rekening Koran Bank BRI

Bagaimana cara cetak rekening koran Bank BRI - Pada artikel ini Kored akan membahas tuntas tentang rekening koran BRI, mulai dari fungsi hingga cara cetak atau print rekening koran BRI. Oleh karena itu bagi kalian yang sedang mencari informasi ini bisa baca hingga akhir.

Seperti yang kita ketahui bahwa bank merupakan tempat atau media untuk menyimpan dan transaksi keluar masuk uang. Tak terkecuali untuk bank BRI, semua transaksi akan tercatat dalam mutasi. Namun untuk keperluan tertentu diperlukan lebih dari sekedar mutasi transaksi, yaitu berupa cetakan rekening koran yang telah ada cap dan tanda tangan dari pihak bank sebagai bukti legal.

Apa itu Rekening Koran BRI?

Rekening Koran BRI adalah rangkuman seluruh transaksi keuangan dalam suatu rekening Bank BRI untuk individu atau perusahaan. Transaksi yang tercatat baik itu untuk transaksi uang masuk atau keluar.

Dahulu sebelum teknologi informasi belum semodern saat ini, penggunaan rekening koran begitu sangat penting karena untuk melihat rincian transaksi. Namun sekarang semenjak mudahnya akses informasi rincian transaksi perbankan lewat internet atau aplikasi mobile, membuat rekening koran jarang dipakai kecuali untuk keperluan yang mendesak.

Fungsi dan Kegunaan Rekening Koran BRI

Sebagai nasabah Bank BRI seharusnya mengetahui fungsi, kegunaan dan cara cetaknya, agar suatu saat membutuhkan dapat dengan mudah mengurusnya. Berikut merupakan beberapa fungsi rekening koran bank BRI yang wajib diketahui.

  • Mengetahui rincian riwayat transaksi
  • Keperluan membuat VISA
  • Audit keuangan untuk perusahaan
  • Mengikuti lelang
  • Pengajuan Pinjaman
  • Sebagai Bukti Hukum
  • dan masih banyak lagi

Setelah mengetahui beberapa fungsinya, berikut merupakan syarat dan cara mencetaknya.

Cara Cetak Rekening Koran BRI (Offline)

Sebelum kalian mencetak rekening koran BRI, sebaiknya ketahui dan persiapkan beberapa syarat berikut supaya berjalan dengan lancar. Beberapa syaratnya antara lain :

  • Buku tabungan bank BRI
  • Kartu identitas (KTP/Paspor) sesuai buku tabungan
  • Kartu Debit

Proses ini harus dilakukan pemiliki rekening, jika tidak maka perlu membuat surat kuasa bertanda tangan di atas metrai dari pemilik kuasa ke orang yang diberikan kuasa. Setelah semua syarat dipenuhi silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1

Pertama, silahkan bawa semua syarat yang diperlukan, lalu datang ke kantor cabang Bank BRI terdekat. Disarankan untuk datang lebih awal dikarenakan atrean yang panjang, misal jam 8 atau 9 pagi hari.

Langkah 2

Selanjutnya mintalah tolong kepada Satpam dan informasikan bahwa kalian ingin cetak rekening koran BRI. Kemudian kalian akan diarah kan ke customer service atau diberikan nomor atrian jika memang harus antri.

Langkah 3

Setelah mendapat giliran pelayanan customer service, silahkan beritahu bahwa ingin mencetak rekening koran untuk keperluan apa dan periode berapa lama.

Kemudian pihak bank akan memberitahukan biaya cetak per lembarnya, mulai 2ribu per lembar. Proses cetak rekening koran BRI tidak membutuhkan waktu yang lama, kurang lebih 10 menit saja. Apabila sudah jadi, kalian akan mendapat print out semua transaksi dari rekening dan terdapat cap disertai tanda tangan pihak bank. Sehingga dapat dijadikan bukti hukum yang sah.

Cetak Rekening Koran BRI Online

Apabila yang dibutuhkan hanya untuk melihat riwayat transaksi dari suatu rekening. Kalian tidak perlu harus datang ke kantor bank dengan syarat seperti cara sebelumnya. Cukup cetak sendiri saja dengan Internet Banking BRI.

Jadi syaratnya kalian harus sudah mengaktifkan layanan internet banking terlebih dahulu. Lalu untuk panduan cetak rekening koran bri secara online bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cetak Rekening Koran BRI Online

  • Pertama harus masuk terlebih dahulu ke akun Internet Banking BRI melalui url : https://ib.bri.co.id/
  • Setelah itu menu Rekening : Informasi & Mutasi ➝ Mutasi Rekening
  • Pilih rekening kalian, lalu pilih Periode yang ingin di cetak
  • Pilih Tampilkan maka kalian akan melihat seluruh rincian transaksi. Pilih opsi Cetak jika ingin mencetaknya

Lihat Juga :

Kesimpulan

Jadi seperti itulah bagaimana cara cetak rekening koran Bank BRI. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat 2 cara yang bisa dicoba untuk bisa mencetak rekening koran bri, yaitu datang langsung ke kantor BANK atau cetak sendiri secara online. Disarankan untuk mencetak secara langsung ke kantor Bank BRI supaya mendapat cap dan tanda tangan, sehingga legal apabila akan dipakai sebagai bukti hukum.