Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Mengenal ShopeePinjam : Pinjaman Uang Tunai dari Shopee

Mengenal ShopeePinjam : Pinjaman Uang Tunai dari Shopee

Apa itu ShopeePinjam? Bagi kalian yang belum mengetahui baca artikel sampai habis karena di sini akan dibahas pengertian, cara mendapatkan pinjaman shopee, bagaimana cara mengaktifkannya dan simulasi pinjaman untuk mengetahui berapa besar bunga yang harus dibayar.

Salah satu online marketplace terbesar di Indonesia yaitu Shopee. Sebagian besar dari kalian yang membaca artikel ini mungkin sudah tahu akan hal tersebut, terlebih Shopee dikenal tempat belanja online dengan gratis ongkir. Selain itu sering mengadakan event promo dan cashback.

Namun selain itu terdapat layanan yang tidak semua orang mengetahuinya bahkan pengguna Shopee itu sendiri. Itu karena layanan ini hanya ditujukan atau didapatkan oleh pengguna tertentu dan terpilih oleh sistem. Layanan tersebut bernama ShopeePinjam, pinjaman uang tunai dari Shopee.

Apa itu ShopeePinjam?

Berdasarkan informasi yang Kored dapatkan dari lama resmi, bahwa ShopeePinjam adalah layanan pinjaman uang tunai atau dana secara online dari aplikasi Shopee. Disebut pinjaman dana Shopee karena pengguna benar-benar akan mendapatkan uang secara tunai dan masuk ke rekening bank pengguna.

Layanan ini sebenarnya dibagi menjadi 2 jenis, yaitu Pinjaman Shopee untuk pembeli dan Pinjaman Uang Tunai Shopee untuk penjual sebagai modal usaha.

PT LENTERA DANA NUSANTARA selanjutnya disebut LDN merupakan penyelenggara layanan fitur ini.

Cara Mendapatkan Layanan Shopee Pinjam

Jika kalian berfikir bagaimana cara agar bisa mendapat layanan ShopeePinjam? Jujur Kored sendiri juga kurang begitu yakin syarat apa saja yang harus dipenuhi. Jadi cara yang akan Kored sampaikan ini bisa kalian anggap opini.

Beberapa syarat supaya mendapat ShopeePinjam antara lain:

  • Pengguna lama (setidaknya akun sudah aktif lebih dari 90 hari atau 3 bulan)
  • Aktif melakukan transaksi di aplikasi Shopee (baik untuk sekedar beli atau bayar tagihan dan juga belanja)
  • Sudah mendapat layanan shopeepay later sebelumnya
  • Tidak memiliki tunggakan pinjaman paylater
  • Memakai aplikasi Shopee terbaru

Jadi bisa disimpulkan agar bisa mendapat layanan pinjaman uang dari Shopee maka harus menjadi pengguna yang aktif.

Kored sendiri mendapatkan layanan ini baru beberapa hari saja, dan memang akun yang mendapatkan pinjaman shopee tergolong aktif transaksi dan sudah mendapatkan layanan ShopeePay Later sebelumnya.

Cara Mengaktifkan ShopeePinjam

Anggaplah kalian merupakan pengguna terpilih dan mendapatkan layanan ini dibuktikan dengan adanya fitu ShopeePinjam di halaman Saya. Maka cara mengaktifkan layanan tersebut sebagai berikut :

  • Langkah pertama seperti biasa buka aplikasi Shopee, lalu pilih menu Saya
  • Setelah itu tap ShopeePinjam 
    Cara Mengaktifkan ShopeePinjam
     
  • Kemudian kalian pilih Aktifkan Sekarang 
    Cara Mengaktifkan ShopeePinjam
     
  • Selanjutnya masukkan kode OTP yang dikirim melalui SMS, lalu tap Lanjut 
    Cara Mengaktifkan ShopeePinjam
     
  • Buatlah Kontak Darurat dan tap Kirim 
    Cara Mengaktifkan ShopeePinjam
     
  • Setelah itu lakukan verifikasi dengan tekan opsi Mulai Verifikasi Wajah (arahkan wajah kalian ke frame yang disediakan) 
    Cara Mengaktifkan ShopeePinjam
     
  • Layanan Shopee Pinjam berhasil aktif 
    Cara Mengaktifkan ShopeePinjam
     

Catatan: Besarnya limit pinjaman untuk pengguna Shopee berbeda satu dengan yang lain. Misalnya di sini Kored hanya mendapatkan limit sebesar 1.6 juta saja. Besarnya pinjaman yang bisa didapat oleh pengguna shopee berkisar antara 200 rb hingga 5 juta rupiah dan batasan limit pinjaman bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

Simulasi Pinjaman dan Besarnya Bunga Pinjaman Shopee

Dimana pun yang namanya pinjaman dari suatu platform pasti diberlakukan sistem bunga atau biaya layanan. Nah untuk ShopeePinjam ini durasi pinjaman bisa dipilih 2 bulan atau 3 bulan, dan besarnya pinjaman disesuaikan dengan limit pinjaman masing-masing.

Berdasarkan hal tersebut mari kita coba simulasikan pinjaman 1 juta rupiah saja dan durasi waktu 3 bulan. Berapa uang yang akan diterima dan berapa besar cicilan+bunga yang perlu dibayar setiap bulannya.

Cara Mencairkan ShopeePinjam ke Rekening

Berikut merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencairkan atau tarik limit pinjaman shopee ke rekening bank.

  • Pertama silahkan kalian masuk ke menu Saya lalu pilih ShopeePinjam
  • Setelah itu pilih Ajukan
  • Kemudian sesuai jumlah penarikan, durasi pinjaman, rekening bank dan tap Ajukan Sekarang
Cara Mencairkan ShopeePinjam ke Rekening


Bunga Pinjaman Shopee

Dari gambar pengajuan di atas dapat dilihat dengan jumlah pinjaman Rp 1.000.000,- rupiah dan durasi waktu 3 bulan. Total yang diterima menjadi Rp 985.000 karena dikurangi biaya transaksi Rp 15.000 dan bunga total menjadi Rp 118.593.

Bunga tersebut dihitung dari mana? Secara sederhana begini cara mengetahui berapa persen (%) bunga pinjaman shopee tersebut.

Rumus (%) : (Total bunga : Pinjaman Diterima) x 100 = ... % Bunga

Sehingga jika dihitung (Rp 118.593 : Rp 985.000) x 100 = 12%

Jadi, total bunga selama 3 bulan sebesar 12% atau 4% setiap bulannya. Bagaimana menurut kalian? Apakah besar atau kecil bunga segitu.

Cara Bayar Shopee Pinjam Terbaru

Setelah berhasil mencairkan Pinjaman Shopee, agar tidak terkena denda penalti kalian harus membayar tagihan sebelum lewat jatuh tempo. Tagihan pinjaman shopee akan muncul setiap awal bulan dan tanggal jatuh tempo yaitu pada tanggal 5.

Langkah-langkah bayar ShopeePinjam

  • Buka menu Saya lalu pilih ShopeePinjam
  • Setelah itu pilih Bayar dan selesaikan pembayaran dengan metode Shopeepay, Bank transfer atau Virtual Account
  • Tagihan otomatis akan hilang setelah pembayaran berhasil dilakukan

Catatan : Besar denda penalti apabila terlambat membayar sebesar 5% dari total pinjaman. Jadi jangan sampai terlambat apabila tidak ingin tunggakan semakin besar.

Lihat Juga :

Kesimpulan

Jadi seperti itulah ShopeePinjam, pinjaman uang tunai online dari Shopee. Dari artikel di atas dapat diketahui apa itu shopeepinjam, bagaimana cara mendapatkannya dan cara mengaktifkannya. Selain itu juga dijelaskan pula simulasi pinjaman serta bunga yang harus dibayarkan.

Semoga artikel ini bisa memberikan tambahan pengetahuan kepada pembaca semua. Pesan Kored yaitu bijaklah dalam urusan hutang-piutang, karena hutang adalah biang dari semua masalah.