Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

5 Cara Mengetahui Nomor Token Listrik yang Hilang

Cara Mengetahui Nomor Token Listrik yang Hilang

Pada kesempatan ini admin akan berbagi tips bagaimana cara mengetahui nomor token listrik yang hilang. Karena sering kejadian lupa tidak segera memasukkan nomor token pln yang telah dibeli ke meteran listrik. Lalu akhirnya malah hilang entah kemana, nah apabila kejadian seperti ini menimpa diri kalian atau orang terdekat, simak penjelasan dalam artikel ini hingga selesai.

Aliran listrik pada PLN prabayar sangat bergantung dengan ketersedian stroom. Biasanya ketika jumlah kwh di meteran akan segera habis, terdengar alarm “beep” berkali-kali.  Jika sudah seperti itu tandanya agar segera dilakukan isi ulang token listrik.

Namun tak jarang ada sebagian orang kehilangan atau lupa nomor token listrik yang sudah dibeli. Padahal belum dimasukkan ke meteran pln sama sekali. Apabila demikian mau tidak mau harus mencari cara agar bisa mengetahui nomor token listrik yg hilang tadi. Lihat : cara memasukkan nomor token listrik ke meteran yang sudah habis total.

Oleh karena itu, berikut ini admin rangkumkan 5 tips dan cara mengetahui nomor token listrik yang telah hilang secara cepat dan mudah.

1. Cetak Ulang Struk Pembelian Token Listrik

Cara yang pertama ini bisa dilakukan bagi yang terbiasa membeli token pln di loket pembayaran atau konter pulsa. Biasanya pada saat membayar tagihan atau beli token listrik pasti akan diberikan struk berisi detail pembayaran dan juga kode 20 digit nomor token listrik.

Karena setiap transaksi pembayaran sudah pasti memiliki riwayatnya. Maka kalian dapat meminta kembali ke penjual atau tempat pembelian listrik token. Jika perlu mintalah untuk dicetakkan kembali atau jika tidak bisa cukup catat saja nomor tokennnya.

2. Melihat Kembali Nomor Token di Riwayat Pembelian

Saat ini ada banyak sekali cara untuk membeli token listrik, seperti di online market place, ewallet dan lain sebagainya. Seperti yang sudah admin katakan tadi, bahwa setiap trasaksi pembayaran pasti akan ada riwayatnya. Berarti yang harus dilakukan apabila nomor token lupa atau hilang bisa melihatnya kembali di invoice pembelian.

Misalnya jika sebelumnya melakukan pembelian lewat aplikasi ewallet DANA. Cukup masuk ke menu “Riwayat Transaksi” lalu cari transaksi pembelian token listrik. Setelah itu kalian akan melihat rincian pembayaran dan juga nomor token listrik seperti gambar di bawah ini.

Melihat Kembali Nomor Token di Riwayat Pembelian

3. Mengetahui Token Listrik yang Hilang ke Call Center PLN 123

Apabila tidak mau repot harus ini dan itu, silahkan hubungi saja layanan contac center PLN yang akan membantu kapanpun 24 jam. Silahkan bertanya ke customer service PLN terkait pembelian token listrik dengan menyebutkan ID Pelanggan milik kalian. Ada beberapa opsi yang bisa dipilih jika ingin menghubungi call center PLN, antara lain sebagai berikut :

  • Lewat sambungan telepon di (kode area)123
  • Via email di pln123@pln.co.id
  • Mention di Twitter @pln_123

Silahkan pilih satu metode di atas yang paling sesuai menurut kalian. Lihat juga : Cara Mengubungi Call Center PLN

4. Cek Nomor Token Listrik di Aplikasi PLN Mobile

Saat ini PLN telah meluncurkan mobile apps yang dapat difungsikan untuk melihat tagihan listrik, cek riwayat pembelian, ubah daya dan pelaporan pemakaian secara mandiri. Aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan untuk cek nomor token listrik yang hilang atau lupa.

Caranya bagaimana? Silahkan ikuti panduan berikut ini.

  • Silahkan download dan install aplikasi PLN Mobile
  • Lakukan registrasi dan verifikasi identitas
  • Tambah ID Pelanggan / Nomor Meter
  • Setelah itu tekan opsi “selengkapnya” di bawah ID Pelanggan yang sudah ditambahkan
  • Tap “Histori Pembelian token” Lalu pilih pembelian terbaru

Kemudian kalian akan melihat detail transaksi mulai dari tanggal pembelian, rupiah, jumlah kWh dan nomor token / stoom.

Cek Nomor Token Listrik di Aplikasi PLN Mobile

5. Cek Riwayat Pembelian Token Listrik di Web Layanan PLN

Hampir sama seperti aplikasi PLN Mobile, kalian juga dapat melakukan pengecekan riwayat pembelian token listrik di website PLN. Bedanya disini kalian hanya perlu membuat akun saja tanpa harus melakukan verifikasi Identitas.

Cara mengetahui nomor token listrik yg hilang dengan web layanan PLN dapat dilakukan seperti di bawah ini :

  • Pertama silahkan kunjungi url : layanan.pln.co.id
  • Lakukan pendaftaran akun
  • Setelah berhasil, silahkan login kembali
  • Lalu pilih ID Pelanggan yang ingin dilakukan pengecekan nomor tokennya
  • Klik 2x pada transaksi pembelian token terbaru
cek riwayat pembelian token listrik pln

Apabila kalian kesulitan atau masih kurang jelas terkait cara melakukan pengecekan riwayat pembelian token listrik di web PLN. Silahkan simak penjelasannya pada artikel sebelumnya tentang cara cek tagihan listrik bulan lalu yang sudah dibayar.

Disana dijelaskan lebih rinci tetang cara pendaftaran layananan PLN hinga cara mengecek riwayat pembelian token listrik (6 transaksi terakhir).

Lihat Juga :

Akhir Kata

Jadi itulah beberapa cara mengetahui token listrik yang hilang atau lupa. Berdasarkan penjelasan di atas, setidaknya ada 5 pilihan cara yang dapat dipakai. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan memberikan solusi jika mengalamai kehilangan nomor token pln.