Widget HTML Atas

Cara Mengirim Paket Lewat JNE Bagi Pemula

Cara Mengirim Paket Lewat JNE Bagi Pemula

Pada kesempatan kali ini Kored ingin sekali berbagi tips bagaimana Cara Mengirim Paket Lewat JNE Bagi Pemula. Karena sudah pasti tidak semua orang tau dan paham bagaimana proses dan prosedurnya, jadi buat kalian yang akan mengirim paket atau barang melalui jasa ekspedisi JNE wajib baca sempai selesai.

Jasa ekspedisi pengiriman JNE (Jalur Nugraga Ekakurir) merupakan salah satu biro pengiriman barang terbesar di Indonesia. Selain itu luasnya jaringan dan jangkauan pengiriman membuatnya semakin dikenal banyak orang baik individu atau pelaku usaha online.

Nah bagi seorang yang belum pernah melakukan pengiriman barang khususnya di JNE tentu akan sedikit bingung bagaimana caranya. Oleh sebab itu di sini Kored akan menjelaskan secara detail apa saja yang harus dilakukan ketika akan kirim paket lewat JNE.

Bagaimana Cara Mengirim Paket Lewat JNE?

Sebelum kalian kirim paket barang atau dokumen, ada beberapa hal yang harus dilakukan dan ketahui. Misalnya cara packing, apa saja yang harus di tulis pada alamat paket dan berapa biaya atau ongkos kirimnya. Berikut merupakan hal yang harus dilakukan sebelum melakukan pengiriman paket.

1. Packing Barang JNE

Bagaimana cara packing barang untuk dikirim lewat JNE? Packing atau pengemasan wajib dilakukan sebelum diserahkan ke pihak ekspedisi. Namun kalian harus tahu cara packing barang yang benar agar tidak terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

Jenis barang yang akan dikirim juga mempengaruhi cara packing. Misalnya barang pecah belas atau elektronik dan barang berupa cairan memerlukan cara pengemasan tersendiri.

Cara packing barang pecah belah yang aman

Barang pecah belah berbentuk kaca atau barang elektronik sebaiknya sebaiknya memperhatikan beberapa prosedur di bawah ini.

  • Gunakan bubble wrap, lapisi atau lilit barang yang hendak dikirim secara menyeluruh dengan bubble wrap ini. Lalu rekatkan dengan selotip secara merata juga agar lilitan bubble wrap tidak lepas
  • Pakai kardus/box yang pas, setelah dilapisi dengan bubble wrap. Barang bisa dikemas dengan kardus ukuran pas supaya lebih aman ketika perjalanan pengiriman paket
  • Jika perlu tambahkan sterofoam untuk mengurangi pengaruh guncangan selama pengiriman
  • Tambahkan packing kayu, pengemasan seperti ini biasanya opsi tambahan yang ditawarkan oleh JNE untuk jaminan keamanan paket. Namun kalian perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk packing kayu
  • Terakhir tambahkan stiker berlogo dan bertuliskan  Fragile atau Barang Pecah Belah, jangan dibanting dan jangan ditindih apalagi disakiti.

Cara packing barang berbentuk cairan

Sedangkan untuk pengiriman dalam bentuk cairan dalam botol. Cara dan prosedukur kurang lebih sama seperti sebelumnya. Namun hal yang paling harus diperhatikan yaitu memastikan tidak adanya kebocoran. Jadi pastikan kalian mengisolasi secara benar bagian tutup botol supaya tidak bocor, baru kemudian bisa dipacking.

Sebagai referensi silahkan perhatikan video di bawah ini.

2. Kunjungi Kantor atau Counter JNE Terdekat

Langkah selanjutnya kalian bawa barang yang sudah di packing ke counter JNE terdekat. Tetapi lebih cek tarifnya telebih dahulu sehingga kalian bisa tahu harus membayar berapa nantinya.

Untuk cek ongkos kirim (ongkir) silahkan kunjungi https://www.jne.co.id/id/tracking/tarif

Cek tarif pengiriman lewat JNE

Silahkan masukkan masukkan kota asal, tujuan dan berat. Jika tidak tahu pasti berapa berat paket silahkan dibulatkan ke satuan kilo, misal 1kg, 2kg dan seterusnya. Setelah itu kalian akan melihat detail layanan yang bisa dipilih, tarif dan estimasi lama pengiriman.

Cek tarif pengiriman lewat JNE

Setelah itu siapkan uang sesuai dengan nama layanan dan tarif. Kemudian bawa paket barang yang hendak dikirim ke counter JNE.

Sebagai tanda bukti pengiriman kalian akan mendapatkan Resi pengiriman yang berfungsi untuk melacak posisi paket, apakah sudah sampai tujuan atau belum.

3. Lacak Resi JNE

Apabila paket sudah selesai diproses dan dalam pengiriman, kalian akan mendapatkan lembar bukti pengiriman. Pada lembar tersebut terdapat nomor Resi JNE yang bisa dipakai untuk melacak paket atau tracking.

Cara Mengirim Paket Lewat JNE Bagi Pemula

Untuk tracking paket, silahkan kunjungi https://www.jne.co.id/id/tracking/trace kemudian masukkan nomor resi di kolom yang sudah disediakan lalu klik Search.

Tips Kirim Paket di JNE Bagi Pemula

Berikut merupakan beberapa tips yang sebaiknya kalian ketahui saat akan mengirim paket atau barang lewat JNE.

  • Pastikan melakukan packing sesuai dengan jenis barang yang dikirim
  • Cek tarif melalui laman web JNE untuk mengetahui berapa yang harus dibayar
  • Pastikan menulis alamat paket secara baik dan benar
  • Tambahkan layanan tambahan berupa asuransi dari JNE jika mengirima barang elektronik, misalnya Hp
  • Jangan mengirimkan barang terlarang

Lihat Juga :

Akhir Kata

Demikianlah Cara Mengirim Paket Lewat JNE Bagi Pemula. Bedasarkan artikel di atas dapat disimpulkan bahwa proses pengiriman barang sangatlah mudah, mulai dari pengemasan, cek tarif dan datang ke counter atau kantor JNE terdekat. Setelah barang diproses, tracking paket juga bisa dilakukan secara online.