Widget HTML Atas

Apa Itu JNE Cashless? Simak Penjelasan Berikut Ini

Apa Itu JNE Reguler Yes Jtr Cashless

Apa itu JNE Cashless? Pada artikel ini Kored akan berbagi informasi tentang seluk beluk pengiriman JNE Cashlesh atau online booking baik untuk platform Shopee, Lazada, Blibi, Bukalapak dan Tokopedia. Selain itu juga akan dijelaskan juga perbedaannya baik untuk layanan, Reguler, Jtr dan Yes.

JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) merupakan salah satu jasa ekspedisi pengiriman terbesar dan tertua di Indonesia. Melayani pengiriman paket hingga ke pelosok negeri. Jasa pengiriman ini semakin dikenal luas ketika trend jualan secara online semakin populer.

Jika dahulu seller toko online setiap akan mengirimkan pesanan harus membayar dahulu ongkos kirimnya, lalu setelah pesanan sampai ke penerima barulah seller mendapatkan uang ganti ongkos kirim.

Nah seiring waktu, metode pembayaran seperti itu mulai dirubah oleh jasa ekspedisi. Melalui kerja sama, JNE bersama platform e-commers/marketplace seperti Shopee, Lazada, Blibli, Tokopedia dan Bukalapak menghadirkan layanan baru bernama JNE Cashless?

Apa itu JNE Cashless?

JNE Cashless adalah layanan pengiriman yang disediakan oleh jasa pengiriman JNE tanpa harus membayar ongkos kirim di gerai atau non tunia (cashless).

Seperti yang sudah sedikit Kored jelaskan di atas, dahulu ketika akan mengirimkan barang seller harus menulis alamat lalu ditempelkan ke paket. Datang ke gerai lalu bayar ongkir, mendapatkan nomor resi lalu input secara manual.

Berbeda dengan cashless, seller cukup mencetak label pengiriman dari marketplace tempat jualan yang berisi kode online booking JNE Cashless. Kemudian mengirimkan paketnya dengan cara dijemput (pickup) atau datang  langsung ke gerai.

Seller atau penjual tidak perlu membayar ongkos kirim lagi karena sudah secara otomatis dibayarkan oleh pihak marketplace. Selain itu juga tidak perlu memasukkan (input) no resi karena sudah akan terisi secara otomatis. Sehingga status orderan yang masuk di toko kalian berubah menjadi "Terkirim".

Sepanjang yang Kored ketahui, marketplace yang sudah mendukung layanan JNE Cashlesh ini antara lain seperti Shopee, Lazada, Blibli, Tokopedia dan Bukalapak.

JNE Reguler, Yes, Jtr Cashless, apa maksudnya?

Agar bisa memakai layanan cashless ini, penjual atau seller harus mengaktifkannya terlebih dahulu di dashboard seller. Misalnya kalau jualan di Shopee, kalian bisa buka menu Saya ➝ Toko Saya ➝ Jasa Kirim Saya ➝ pilih JNE Cashless ➝ Simpan.

Apa Itu JNE Cashless

Layanan dari JNE Cashlesh memiliki 3 jenis, antara lain :

  • Reguler
  • YES
  • dan JTR

Ketiga layanan cashless diatas memiliki beberapa perbedaan, lebih jelasnya kalian bisa baca di bawah ini.

1. JNE Reguler Cashless

Reguler merupakan layanan paling murah atau terjangkau dari JNE Cashless. Merupakan layanan paling sering dipakai dengan estimasi pengiriman standar.

2. JNE YES Cashless

Layanan YES merupakan layanan kilat dengan slogan "Yakin Esok Sampai". Layanan YES menawarkan pengiriman yang sangat cepat dengan estimasi pengiriman 1 hari kerja. Namun untuk jenis ini tidak semua destinasi atau tujuan pengiriman bisa memakainya.

Sedangkan untuk kisaran tarif sedikit lebih mahal dari Reguler. Biasanya layanan YES hanya tersedia untuk tujuan pengiriman antar kota besar atau antar ibukota provinsi yang masih dalam 1 pulau. Jadi bagi seller yang ingin mengirimkan pesanan ke luar pulau dengan JNE YES Cashless masih belum bisa.

3. JTR Cashless

JTR atau JNE Trucking merupakan layanan pengiriman dengan kendaraan truk yang dikhususkan untuk pengiriman dalam jumlah besar dan banyak. Layanan ini sangat cocok bagi seller yang akan mengirimkan pesanan yang memiliki berat paket lebih dari 10 kg secara aman.

JNE Trucking melayani pengiriman ke seluruh Indonesia dengan estimasi waktu 3 sampai 8 hari, tergantung dari tujuan pengiriman.

Kemudian ketiga layanan di atas untuk proses pengiriman JNE memiliki 2 jenis, yaitu PickUp atau paket barang diambil (dijemput) oleh Kurir dan penjual mengantarkan ke gerai JNE.

Bagi seller Shopee, cara untuk request PickUp (jemput) paket yaitu sebagai berikut :

  • Buka menu Saya ➝ Toko Saya ➝ Penjualan Saya
  • Pilih produk yang ingin dikirim, lalu klik "Atur Pengiriman"
  • Setelah itu pilih Waktu Pickup dan klik Konfirmasi
  • Kemudian akan muncul rincina pikcup, silahkan tunggu paket diambil oleh kurir dan jangan datang ke gerai untuk pengiriman. Seller juga tidak perlu membayar ongkos kirim.

Informasi untuk Calon Pembeli

Berdasarkan penjelasan di atas, layanan JNE yang biasa dengan Cashless tidak memiliki pengaruh dalam pengiriman. Layanan Cashless JNE ini hanya bertujuan untuk memudahkan penjual atau seller saat pengiriman barang sehingga tidak perlu mengeluarkan modal bayar ongkir.

Oleh karena itu ketika kalian (pembeli) akan checkout pesanan, dan melihat jasa pengiriman bertuliskan Cashless. Artinya penjual memakai layanan non tunia dan tidak ada perlakukan khusus dengan jenis pengiriman yang biasa.

Lihat Juga :

Akhir Kata

Jadi seperti itulah penjelasan tentang Apa Itu JNE Cashless, entah itu untuk marketplace Shopee, Lazada, Blibli, Bukalapak dan Tokopedia. Semoga tulisan ini bisa memberikan tambahan wawasan seputar jasa pengiriman terutama Cashless dari JNE.