Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Panduan Cara Mengirimkan Paket Lewat J&T Express

Panduan Cara Mengirimkan Paket Lewat J&T Express

Cara mengirimkan paket lewat J&T Express sebenarnya sangat mudah, kurang lebih sama seperti kirim paket melalui ekspedisi pengiriman pada umumnya. Namun bagi pemula yang belum pernah mengirim paket melalui j&t pasti akan mengalami kesulitan. Oleh karena itu pada kesempatan ini Kored akan memberikan panduan lengkapnya.

Jasa ekspedisi pengiriman J&T Express atau biasa disebut JET dan JNT merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman logistik. Berdiri mulai tahun 2015 namun perusahaan ini mampu menjadi salah satu jasa pengiriman terbaik di Indonesia saat ini.

Salah satu keunggulan dari J&T (jet/jnt) yaitu durasi pengiriman yang sangat cepat. Bahkan Kored sendiri terkesan dengan pelayanan dari jasa pengiriman ini.

Nah mungkin dari sebab itulah banyak orang ingin mencoba mengirimkan paket melalui J&T. Walaupun prosedur kirim paket dari semua jasa pengiriman sama, namun kalian wajib mengikuti panduan dan prosedur pengiriman di bawah ini. Supaya paket dapat terkirim sampai tujuan dengan aman.

Persiapan Sebelum Kirim Paket Lewat J&T

Sebelum melakukan pengiriman paket barang ke suatu jasa pengiriman. Sebaiknya kalian perhatikan beberapa hal antara lain seperti jenis barang yang dikirim, cara packing dan biaya ongkos kirim.

1. Tidak Mengirimkan Barang Terlarang

Jenis barang yang bisa dikirim lewat JNT atau ekspedisi lain tidaklah sembarangan. Paket yang akan dikirim haruslah barang legal dan bukan barang terlarang. Syarat dan ketentuan pengiriman bisa kalian lihat di laman S & K Pengiriman.

2. Perhatikan Cara Packing Barang

Cara pengemasan (packing) paket perlu diperhatikan secara betul. Baik untuk barang berbentuk pada, elektronik dan barang berbentuk cairan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat packing antara lain:

  • Gunakan bubble wrap untuk membungkus barang, khususnya jika paket berisi barang elektronik. Lilit secara merata lalu isolasi
  • Pakai kardus atu box yang pas, setelah dilapisi dengan bubble wrap. Masukkan kedalam kardus yang memiliki ukuran sesui dengan barang.
  • Isolasi kardus secaara menyeluruh supaya aman.

Jika diperlukan, tambahkan packing kayu, agar paket aman sampai tujuan. Namun pengemasan dengan tambahan kayu akan menambah berat paket dan biaya ongkos kirim juga akan bertambah.

3. Cek Ongkos Kirim J&T

Sebelum paket dikirim, kalian bisa melihat biaya ongkos kirim yang harus dibayar. Perkirakan bobot paket kalian (satuan kilogram kg) dan tujuan pengiriman.Untuk melihat biaya ongkir bisa dilihat melalui laman https://www.jet.co.id/index/query/query.html

Cek Ongkos Kirim J&T

Jika paket yang dikirim termasuk barang bernilai, misalnya Hp kalian bisa tambahkan asuransi biar lebih aman.

Cara Mengirimkan Paket Lewat J&T Drop Point

Mengirimkan paket secara J&T Drop Point merupakan cara paling umum dilakukan. Setelah paket sudah dikemas (packing) secara benar lalu kalian bawa ke counter JNT terdekat (drop point), lalu bayar biaya pengiriman dan mendapatkan nomor resi.

Ini merupakan cara tradisional alias cara lama dalam dunia pengiriman paket. Nah bagi sebagian orang yang ada halangan atau alasan apapun yang membuat tidak bisa mengunjungi counter j&t maka bisa memanfaatkan layanan Pick Up yang akan akan bahas berikutnya.

Cara Kirim Paket Melalui J&T Sistem Pick Up

Salah satu pembeda J&T dengan jasa ekspedisi lain yaitu adanya layanan Pick Up (jemput). Jadi ketika akan mengirimkan paket, kalian cukup melakukan request pick up maka paket akan diambil oleh kurir tanpa memperhitungkan berapa besar atau banyak paket yang akan dikirimkan.

Cara Jemput Ditempat J&T (Update)

  • Silahkan download dan install aplikasi J&T dari Playstore/Appss store
  • Setelah itu buka dan pilih Order 
    Jemput Ditempt J&T (Pick Up)
  • Kemudian isi form yang tersedia, yaitu pengirim dan alamat penerima 
    Jemput Ditempt J&T (Pick Up)
  • Silahkan periksa kembali, jika alamat sudah benar tap Submit 
    Jemput Ditempt J&T (Pick Up)

Terakhir silahkan tunggu paket dijemput atau bisa menghubungi kurir secara langsung. Kalian bisa mendapatkan nomor kurir J&T counter drop point terdekat.

Cara Mengirim Paket J&T COD (Bayar Ditempat)

Selain pickup, J&T juga tersedia layanan bayar ditempat atau cash on delivery (COD). Jadi pihak penerima yang akan membayar.

Namun perlu diketahui bahwa layanan COD J&T hanya tersedia untuk order pengiriman dari marketplace seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia dan lainnya.

Bisakah pengiriman paket lewat j&t cod tanpa shopee? Tentu saja saat ini belum bisa, sebab Shopee dan J&T Express sudah melakukan suatu kerja sama. Kemudian saat pengiriman kalian juga tidak perlu cek ongkir j&t cod, sebab sudah dibayarkan oleh pihak marketplace.

Lihat Juga :

Akhir Kata

Jadi seperti itulah Cara Mengirimkan Paket Lewat J&T Express khusunya bagi pemula. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba.