Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Begini Cara Cek Resi Jasa Pengiriman SEN HONG Secara Mudah

Begini Cara Cek Resi Jasa Pengiriman SEN HONG Secara Mudah

Bagaimana Cara Cek Resi Jasa Pengiriman SEN HONG? Pada kesempatan ini Kored akan menjelaskan secara detail tentang ekspedisi SEN HONG yang ada di Akulaku ketika belanja produk dari China. Seperti apa proses dan langkah-langkahnya, silahkan baca hingga selesai.

Ketika sedang belanja secara online pasti barang yang dibeli akan di kirim menggunakan jasa pengiriman atau ekspedisi, baik dalam dan luar negeri. Salah satu ekspedisi yang melayani pengiriman secara internasional yaitu Sen Hong.

Jasa pengiriman ini akan kalian temukan pada saat berbelanja di aplikasi Akulaku dan barang yang dibeli berasal dari negara China. Setelah dikirim kalian akan menemukan suatu nomor pengiriman atau biasa disebut dengan istilah RESI. Nomor Resi inilah yang perlu dicatat guna untuk keperluan pelacakan kiriman atau Sen Hong Tracking.

Apa Itu SEN HONG?

Berdasarkan informasi dari penelusuran, Kored menemukan fakta dari situs Bloomberg. Sen Hong merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Logistik atau jasa pengiriman barang secara domestik dan internasional.

Apa itu Sen Hong

Nama lengkap dari perusahaan jasa ekspedisi ini adalah Dongguan Sen Hong Logistic Co Ltd dan beralamat di 67 Fenghuang Road Niuyang Village Liaobu Town Dongguan, 523429 China.

Dari gambar di atas jelas sekali tidak ada alamat website untuk melihat informasi lebih lanjut. Lantas bagaimana proses pelacakan nomor resi Sen Hong? Lebih jelasnya silahkan perhatikan panduannya di bawah ini.

Lihat Juga : Cara Cek Resi dan Tracking Jasa Pengiriman MAX BARLIAN

Langkah-Langkah Cek Resi Pengiriman Sen Hong dari China

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan guna untuk melakukan cek resi dan tracking pengiriman paket dengan ekspidisi Sen Hong di Akulaku dari China.

1. Lacak Pengiriman dari Aplikasi Akulaku

Langkah pertama silahkan buka aplikasi Akulaku, lalu ikuti arahan berikut :

  • Setelah masuk aplikasi, pilih opsi menu Personal
  • Lalu pilih Pesananku
  • Kemudian tap Lacak untuk melihat perkembangan pengiriman pesanan dan nomor resi

Laca oengiriman sen hong di akulaku

Kalian akan menemukan no resi seperti gambar di bawah, silahkan Salin untuk proses pelacakan di halaman web Sen Hong Tracking.

Begini Cara Cek Resi Jasa Pengiriman SEN HONG Secara Mudah

2. Cek Resi Jasa Pengiriman Sen Hong dari Browser Hp dan Komputer

Tidak sama seperti jasa ekspedisi di Indonesia yang memiliki situs web untuk mengecek resi dan tracking. Jasa Ekspedisi Sen Hong tidak memiliki dan harus menggunakan url dengan deretan angka IP. Lebih jelasnya silahkan ikuti panduan berikut ini.

Setelah berhasil menyalin No Resi dari Akulaku, selanjutnya kunjungi URL ini :

Kemudian masukkan nomor resi yang disalin dari Akulaku ke kotak kolom yang tersedia seperti gambar ini.

Cek resi dan tracking pengiriman Sen Hong

Lalu klik atau tap tombol di sebelahnya untuk melihat informasi secara detail pengiriman barang.

Cara Cek Resi Jasa Pengiriman SEN HONG Secara Mudah

Setelah berhasil melakukan tracking nomor resi sen hong, kalian akan melihat informasi secara detail. Dengan demikian dapat diprediksi kira-kira berapa lama paket akan sampai ke tujuan.

Di sana juga nantinya akan terlihat kurir dari ekspedisi apa yang akan mengambil alih pengiriman. Sekedar informasi saja bahwa pengiriman dari luar negeri khususnya China biasanya akan terjadi drop pengalihan kurir.

Misalnya pengiriman dari China sampai masuk ke bea cukai Indonesia akan dilakukan Kurir Sen Hong. Kemudian dari bea cukai sampai diterima ke tujuan akan diambil alih oleh kurir lokal (Pos Indonesia atau JNE) tergantung dari kerjasama perusahaan.

Baca Juga : Kumpulan Istilah dalam Ekspedisi Pengiriman Barang

Istilah yang Sering Muncul di Ekspedisi Sen Hong

Mungkin banyak diantara pembaca yang mendapatkan istilah-istilah yang tidak dipahami ketika melakukan pelacakan/tracking resi sen hong. Beberapa istilah itu antara lain.

1. Create Order

Maksud create order sen hong yaitu istilah yang menunjukkan orderan atau pesanan baru dibuat. Biasanya status ini muncul setelah melakukan pembelian di akulaku.

2. Waiting Space

Secara bahasa arti dan maksud dari waiting space di pengiriman seng hong yaitu "Dalam Antrian". Istilah ini muncul setelah Create order atau setelah pesanan masuk dan status ini menunjukkan paket kalian dalam antrian untuk dilakukan proses, baik itu pengecekan, pengemasan atau lainnya.

3. RTS

Berikutnya ada istilah RTS di pengiriman Sen Hong, apa maksudya? Setalah admin Kored telusuri ternyata istilah tersebut memiliki maksud dan arti  "Ready to Ship". Lebih jelasnya paket sudah siap untuk dilakukan pengiriman karena sudah melewati berbagai macam prosedur.

4. Inbound dan Outbound

Biasanya kalian juga akan muncul istilah Inbound atau outbound lalu diikuti beberapa kata dibelakangnya. Maksunya adalah jika "Inbound" bararti paket masuk ke gudang dan "Outbound" berarti keluar gudang. Misal OUTBOUND CN DONGGUAN FN STATION artinya keluar dari gudang china yang berada di Dongguan.

Kemudian setelah paket masuk ke Indonesia dan telah melawati bea cukai, status akan berubah kembali. Biasanya akan berganti dengan nama kurir lokal Indonesia, misal ID JNE xxxxx.

5. CUSTOMS RELEASED

Apabila status pesanan yang kalian pesan lewat ekspedisi sen hong berubah statusnya menjadi Customs Released itu maksud dan artinya sedang diproses di bea cukai.

Sekedar informasi bahwa nama lain dari bea cukai adalah Customs. Kemudian untuk mengetahui informasi secara detail terkait paket yang berstatus customs dapat melakukan pengecekan melalui halaman web pelacakan kiriman bea cukai di link berikut : https://www.beacukai.go.id/barangkiriman.

Silahkan masukkan resi pada kolom yang telah disediakan lalu isi juga kode key nya. Setelah itu tekan tombol Submit maka akan terlihat secara detail kiriman paket kalian.

Lihat Juga :

Akhir Kata

Demikian Cara Cek Resi Jasa Pengiriman SEN HONG Secara Mudah. Berdasarkan informasi di atas, kalian bisa cek resi dan melacak pakat dari aplikasi Akulaku atau dari URL yang sudah disebutkan di atas. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.