Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Begini Cara Menulis Alamat Pengiriman Paket yang Benar

Cara Menulis Alamat Pengiriman Paket yang Benar

Bagaimana cara menulis alamat pengiriman paket yang benar? Pada artikel ini Kored akan berbagi informasi yang sangat berfaedah yaitu tetang tata cara atau format ketika menulis alamat saat akan mengirim suatu barang di jasa ekspedisi. Baik itu JNE, J&T, Ninja Express, SiCepat, Wahana dan lain sebagainya.

Pada era sekarang kegiatan perekonomian dan bisnis tidak terbatas pada pasar atau transaksi secara langsung. Tetapi trend yang sedang ramai yaitu go online, alias pelaku usaha yang meng-online-kan (olshop/online shop) produknya.

Sehingga dengan demikian mau tidak mau transaksi dilakukan secara jarak jauh. Kemudian apabila transaksi jual beli barang maka perlu dilakukan proses pengiriman paket.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah Format Penulisan Paket. Informasi lebih jelas silahkan perhatikan penjelasan di bawah ini.

Cara Menulis Alamat Pengiriman yang Baik dan Benar

Sebenarnya cara menulis alamat yang benar pada saat akan mengirim paket atau barang sangatlah mudah. Baik untuk jenis jasa pengiriman/ekspedisi JJNE, J&T, Ninja Express, SiCepat, Wahana dan lain sebagainya. Yaitu harus jelas tercantum nama pengirim, detail alamat dan nomor telpon yang bisa dihubungi.

cara penulisan alamat kiriman yang benar

Contoh Format Pengiriman Pekat dan Barang

Secara sederhana, format penulisan harus mencantumkan beberapa informasi berikut :

  • Nama Penerima/Pengirim
  • Alamat Lengkap
  • Nomor Telepon atau Hp yang Bisa Dihubungi

Bagian Nama sebaiknya tulis nama asli atau lengkap. Bisa juga ditambahkan dalam kurung nama sapaan yang biasa dipakai di lingkungan tempat tinggal si penerima.

Kemudian untuk alamat silahkan tulis secara rinci dan jelas. Misalnya jika penerima berada di daerah atau pedesaan bisa ditulis seperti ini.

Alamat : Dusun Kalitengah, RT 003, RW 002, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Kode pos 58163.

Lalu jika penerima berada di lingkungan perkotaan atau perumahan format penulisan kurang lebih sama. Misalnya JL. Jolotundo No. 23, Gayamsari, Kota Semarang.

Silahkan di sesuaikan dengan lingkungan tempat tinggal. Biasanya penulisan alamat rumah di kota lebih mudah dan sederhana dibanding di desa. Pastikan informasi mengandung nama jalan, nomor rumah, perumahan dan sejenisnya.

Format Penulisan Alamat di Amplop

Mengirim dokumen atau berkas menggunakan amplop bisa dikatakan sama seperti paket barang, yaitu harus ada nama penerima, alamat dan kontak yang bisa dihubungi.

Namun apabila dokumen bersifat resmi misalnya berisi berkas lamaran kerja, maka format penulisan perlu diperhatikan dengan benar. Contoh penulisan alamat di Amplop untuk urusan bersifat resmi bisa kalian lihat di bawah ini.

Format Penulisan Alamat di Amplop

Berdasarkan gambar di atas, identitas pengirim ada di pojok kiri atas. Lalu tujuan atau penerima berada di pojok kanan bawah. Sedangkan untuk bagian pojok kanan atas biasanya berisi kode jabatan yang dilamar.

Nah apabila penerima adalah individu biasa dan buka instansi format di atas tidak terlalu wajib di ikuti. Tetapi dianjurkan format penulisan juga seperti gambar di atas, supaya pada saat pengiriman Kurir bisa melihat dengan jelas alamat penerima.

Lihat Juga :

Akhir Kata

Jadi seperti itulah Cara Menulis Alamat Pengiriman Paket yang Benar. Semoga artikel yang Kored tulis di atas bisa bermanfaat buat kalian yang akan melakukan pengiriman paket barang atau dokumen.