Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Cara Membuat QRIS Dana Bisnis Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Pada artikel ini mimin akan berbagi pengalaman pribadi terkait bagaimana cara membuat QRIS Dana Bisnis secara mudah dan pasti approve acc. Jadi dengan tulisan ini harapannya teman-teman pembaca khususnya pelaku usaha bisa menerima pembayaran non tunai dengan e wallet seperti dari Dana, Ovo, Gopay, Linkaja, Shopeepay dan dompet digital sejenis yang sudah mendukung pembayaran lewat scan kode QRIS.

cara membuat QRIS DANA

Secara sederhana QRIS ini merupakan singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI). Jadi kode QR ini sebenarnya pengganti dari kode QR merchant yang dikeluarkan oleh masing-masing penyedia layanan ewallet.

Adanya kode QR standar Indonesia ini dapat menerima dari segala jenis akun ewallet atau dompet digital tanpa ada batas minimal. Sehingga akan sangat membantu bagi para pelaku usaha untuk bisa meraih pasar yang lebih luas. Khususnya untuk generasi masa kini yang sudah mulai beralih ke gaya hidup cashless non tunai.

Nah, untuk membuat QRIS ini sebenarnya dapat dilakukan dengan beberapa cara dan salah satunya yaitu dengan menggunakan akun Dana. Penjelasan lengkapnya dapat dilihat seperti di bawah ini.

Pengertian QRIS Dana

Seperti yang sudah dijelaskan di awal tadi, QRIS Dana adalah suatu kode yang dapat menerima pembayaran nontunai dari berbagai macam atau jenis ewallet. Sehingga QRIS Dana merupakan suatu kode yang dikeluarkan untuk merchant dari aplikasi Dana yang biasa juga disebut dengan nama Dana Bisnis.

Lalu, jika ditanya apakah ada perbedaan dengan QRIS yang lain? Secara fungsi tidak ada perbedaan sama sekali. Hanya saja disini saldo penampung atau uang dari pembayaran yang dilakukan oleh customer akan ditampung oleh aplikasi Dana yang kemudian dapat dicairkan ke rekening pemilik usaha.

Syarat Membuat QRIS Dana

Jika ingin membuat QRIS dari aplikasi dana, kamu bisa daftar layanan Dana Bisnis dengan persyaratan sebagai berikut :

  • Pastikan akun Dana sudah premium (upgrade KTP)
  • Foto lapak atau tempat usaha (foto tampak depan dan produk)
  • KTP
  • Dokumen pendukung jika diperlukan seperti Kartu Keluarga, Paspor atau buku nikah
  • Melakukan pendaftaran Dana Bisnis

Intinya jika ingin mendaftar pastikan kamu mempunyai lapak atau barang jualan dan sejenisnya. Karena nantinya kamu membutuhkan itu untuk proses pendaftaran. Pastikan juga untuk melakukan foto secara jelas dengan pencahayaan yang baik, caranya bisa dilakukan pengambilan foto pada siang hari.

Cara Daftar dan Membuat QRIS Dana Bisnis

Apabila persyaratan sudah siap, kamu sudah dapat langsung melakukan pendaftaran seperti di bawah ini :

1. Buka Menu Dana Bisnis

Langkah pertama tentu saja kamu buka aplikasi Dana, lalu tap menu Saya dan pilih Daftar Dana Bisnis Sekarang.

daftar akun dana bisnis

2. Isi Data Profil Bisnis

Langkah selanjutnya yaitu kamu harus mengisi data sesuai profil bisnis, seperti :

  • Nama Bisnis / Usaha
  • Bidang bisnis (Jenis Usaha)
  • Atur jam buka
  • Tipe bisnis (Online, Offline atau keduanya)
  • Upload foto stok barang, toko atau lapak online

Setelah data sudah dimasukkan semua, kamu hanya perlu menekan tombol “Selanjutnya”. Lalu akan terbuka formulir baru yang harus diisi, yaitu data lokasi Bisnis.

Harap pada step ini dengan data yang sebenarnya terutama untuk lokasi. Sebab nantinya kamu akan mendapatkan kiriman stiker Kode QRIS jika pendaftaran disetujui.

Setelah alamat lengkap sudah diisi semua, tekan tombol “Kirim Pendaftaran”. Kemudian dalam proses verifikasi, kamu diminta untuk menunggu selama maksimal 2 hari kerja sampai kode QRIS Dana bisa dipakai.

3. Akun Dana Bisnis Berhasil Dibuat

Setelah menunggu beberapa saat, kamu akan mendapatkan jawaban apakah pendaftaran diterima atau tidak. Apabila diterima kamu dapat langsung menggunakan QRIS Dana Bisnis tersebut. Caranya cukup tekan logo QR lalu tekan UNDUH dan QRIS akan tersimpan dalam bentuk PDF dan bisa langsung dicetak sendiri.

unduh dan cetak kode QRIS Dana

Atau jika ingin mendapatkannya dalam bentuk file gambar foto, cukup tekan menu Bagikan dan pilih bagikan lewat WA. Maka kode akan tersimpan dalam bentuk gambar dan bisa langsung dipakai.

Lihat Juga :

Apabila panduan di atas masih kurang jelas, kamu bisa melihat panduan lengkap cara daftar Akun Dana Bisnis untuk bisa mendapatkan kode QRIS seperti video di bawah ini.

Akhir Kata

Jadi seperti itulah penjelasan tentang bagaimana cara daftar QRIS Dana Bisnis secara cepat dan mudah terbaru. Dari tulisan di atas dapat ambil kesimpulan bahwa untuk bisa memiliki kode QRIS dapat dengan cara membuka akun Dana Bisnis. Sehingga dengan begitu bisa menerima pembayaran non tunai dari berbagai macam dompet digital seperti Ovo, Gopay, Shopeepay, LinkAja dan lain sebagainya.