Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Cara Cek Saldo KIP di HP, Mudah Banget

Dalam artikel ini admin Kored akan membahas terkait bagaimana cara cek saldo KIP (Kartu Indonesia Pintar) secara cepat dan mudah di HP. Jadi buat kamu atau anggota keluarga dan kerabatmu yang mendapatkan kartu tersebut, dapat mengikuti panduan dalam tulisan ini. Jadi nantinya dapat mengetahui apakah saldo sudah masuk dan bisa dicairkan atau belum.

Berbicara tentang KIP, bagi yang belum tahu bahwa istilah tersebut merupakan kependekan dari Kartu Indonesia Pintar.  Dimana ini merupakan bagian dari program Indonesia pintar yang kemudian dikenal dengan singkatan PIP.

Cara Cek Saldo KIP

Tujuan KIP

Kartu Indonesia Pintar atau KIP merupakan tanda bukti identitas dari siswa yang berhak agar tidak terjadi yang namanya putus sekolah. Adapun sasaran dari program ini yaitu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin atau rentang miskin agar diprioritaskan untuk mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah.

Baik untuk jalur formal seperti SD/MA hingga mereka lulus, maupun non formal seperti program paket A hingga paket C.

Berapa Jumlah Saldo Penerima KIP?

Jumlah besaran saldo bantuan pemerintah melalui program Indonesia pintar KIP berbeda-beda bergantung dari jenjang pendidikan peserta didik.

  • Peserta didik tingkat dasar (SD/MI/Paket A) mendapatkan bantuan Rp 450 ribu / tahun
  • Peserta didik tingkat menengah (SMP/MTs/Paket B) mendapatkan bantuan Rp 750 ribu / tahun
  • Peserta didik tingkat atas (SMA/SMA/MA/Paket C) mendapatkan bantuan Rp 1 juta / tahun

Jika kamu, sodara, kerabat atau tetanggamu terpilih dan mendapatkan kartu KIP. Maka dapat melakukan pengecekan saldo seperti di bawah ini dari hp. Jadi bisa tahu apakah saldo sudah masuk atau belum.

Cara Cek Saldo KIP/PIP dengan Mudah

Selanjutnya kamu dapat melakukan pengecekan sacara mandiri baik itu lewat HP atau pun menggunakan pc komputer. Proses pengecekan dilakukan secara online melalui aplikasi JAGA atau situs web JAGA.ID.

Panduan dan langkah-langkah cek saldo dapat kamu ikuti seperti di bawah ini :

1.  Buka Browser

Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu membuka browser di hp, misalnya google chrome, uc browser, opera atau sejenisnya. Lalu ketik dan kunjugi situs cek saldo KIP / PIP di https://jaga.id,

2. Pilih Menu Pelayanan Publik atau Pendidikan

Untuk melakukan pengecekan saldo KIP, kamu perlu memilih menu “Pendidikan”, tetapi jika kamu mengakses situs Jaga ini menggunakan PC komputer. Kamu dapat menemukannya di menu Pelayanan Publik.

menu pendidikan di situs jaga

Selanjutnya, ada beberapa kolom yang perlu diisi. Mulai dari jenjang pendidikan, kabupaten/kota dan nama sekolahan. Setelah terisi semua tekan "Cari Sekolahan".

3. Muncul Nama Sekolah

Setelah menekan tombol cari, akan muncul nama sekolah yang sedang kamu cari. Silahkan tap atau klik nama Sekolah yang kamu cari. Kemudian kamu akan melihat beberapa menu, silahkan pilih saja Lihat Program Sekolah.

lihat program sekolah

4. Masukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

Selanjutnya, kamu melihat kolom yang harus diisi dengan nomor NISN siswa atau siswi penerima kartu indonesia pintar KIP. Setelah terisi, tekan cari.

Kemudian akan terlihat data informasi mulai dari nama siswa, sekolah, kelas, nomor sk, bank penyalur dan waktu cair.

cek kip

Contohnya seperti di atas, dari gambar tersebut dapat diketahui bahwa saldo KIP telah cair pada tanggal 30 bulan ke 6.

Lihat Juga : Cara Mengubah Pulsa Menjadi Uang dan Saldo Dompet Digital

Kesimpulan

Jadi seperti itulah bagaimana cara cek saldo KIP PIP di hp secara cepat dan mudah. Dengan cara seperti ini, penerima tidak perlu ke bank penyalur untuk menanyakan apakah saldo bantuan pendidikan sudah cair atau belum.

Hal terpenting yang perlu diperhatikan ketika akan melakukan pengecekan sendiri di hp, baik itu lewat aplikasi JAGA atau website Jaga.id adalah NISN. Jadi jangan sampai tidak tahu nomor induknya sendiri ya, jika memang tidak tahu, bisa ditanyakan ke guru wali kelasnya.