Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN Prabayar dan Pascabayar Secara Mudah

Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN Prabayar dan Pascabayar Secara Mudah

Bagaimana cara melihat atau mengetahui ID Pelanggan PLN? Baik itu jenis prabayar maupun pascabayar. Pelanggan listrik PLN sebaiknya mengetahui ID Pelanggan meteran listrik mereka, sebab fungsinya sangat penting untuk keperluan membayar tagihan listrik.

Sebagaimana kita ketahui bahwa saat ini listrik pln memiliki jenis prabayar dan pascabayar. Listrik pln dengan sistem token / stroom merupakan jenis prabayar. Dimana pengguna harus membeli stroom terlebih dahulu untuk bisa menggunakan.

Sedangkan pln dengan sistem meteran / versi lama merupakan jenis pasca bayar, dimana listrik akan selalu ada dan pelanggan membayar tagihan dibulan berikutnya.

Kedua jenis di atas tentunya memerlukan suatu identitas untuk keperluan pembayaran. Identitas ini disebut juga dengan istilah “ID Pelanggan PLN”.

Apa itu ID Pelanggan PLN?

ID Pelanggan PLN adalah serangkaian nomor unik sebanyak 11 hingga 12 digit angka. Berfungsi sebagai identitas masing-masing pengguna listrik dan kurang lebih fungsinya sama seperti nomor telepon.

Fungsi atau manfaat dari ID PLN ini antara lain :

  • Dapat dipakai untuk membeli token listrik (prabayar)
  • Memabayar tagihan listrik (pascabayar)
  • Dan untuk memberima program bantuan atau subsidi dari pemerintah

Lalu mengingat fungsi yang sangat penting di atas, bagaimana jika lupa atau tidak tahu ID Pelanggan sendiri? Bagaimana cara mengetahui dan mengeceknya? Silahkan simak penjelasan berikut  ini.

4 Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN Prabayar dan Pascabayar

Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa kalian lakukan apabila lupa ID PLN sendiri, silahkan perhatikan.

1. Lihat ID Pelanggan PLN di Meteran Listrik

Ini merupakan cara termudah untuk mengetahui ID PLN sendiri, yaitu dengan melihat pada meteran listrik. Silahkan coba perhatikan pada meteran listrik kalian, nomor pada di bawah bar code itulah yang disebut dengan ID Pelanggan PLN. Nomor inilah yang dapat dipakai untuk membayar tagihan atau membeli token listrik.

Lihat ID Pelanggan PLN di Meteran Listrik

2. Melihat Struk Pembayaran Tagihan/Pembelian Token Listrik

Setiap kali melakukan pembayaran tagihan listrik atau membeli token di loket, pasti akan mendapatkan struk sebagai tanda bukti. Nah didalam struk tersebut pasti terdapat informasi mulai dari Nama pelanggan, jumlah daya, jumlah tagihan dan ID Pelanggan.

Melihat Struk Pembayaran Tagihan/Pembelian Token Listrik

Jadi setiap kali mendapatkan struk jangan langsung dibuang, simpan terlebih dahulu hingga waktu pembayaran berikutnya.

3. Melihat di Kartu Token Listrik Prabayar

Bagi pelanggan listrik prabayar pasti akan mendapatkan kartu yang berisi nomor ID Pelanggan. Gunakan kartu tersebut untuk membeli token di loket-loket pembayaran. Jangan sampai hilang, jika tidak kalian dapat menemukan ID PLN dengan kedua cara di atas.

Melihat di Kartu Token Listrik Prabayar

4. Menghubungi Call Center PLN / Mengunjungi Kantor PLN Terdekat

Ini merupakan cara trakhir dari 3 opsi di atas, langkah-langkah yang bisa dilakukan yaitu dengan menghubungi call center PLN. Nomor contact center dapat ditemukan di laman web resmi atau bisa cari di internet.

Namun jika memiliki waktu luang atau tampat kalian dekat dengan kantor bantuan PLN, dapat mengunjungi untuk meminta bantuan pengecekan ID PLN. Namun jangan lupa membawa berkas pendukung seperti KTP dan KK.

Lihat Juga :

Akhir Kata

Demikian artikel tentang Cara Mengatahui ID Pelanggan PLN Prabayar dan Pascabayar secara mudah. Semoga tulisan di atas dapat memberikan solusi bagi pembaca yang sedang mengalami kesulitan mengetahui nomor ID PLN nya. Jika ada pertanyaan bisa berkomentar melalui kolom komen di bawah, sampai jumpa.