Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Cara Pasang Wifi di Kampung dan Rincian Biayanya (Pengalaman Pribadi)

Pada tulisan ini mimin akan berbagi pengalaman pribadi bagaimana cara pasang wifi di kampung dan rincian biaya yang harus dikeluarkan. Semoga pengalaman ini bisa menjadi inspirasi bagi pembaca yang berencana atau ingin memasang jaringan wifi sendiri di desa terpencil. Terutama bagi daerah yang belum tercover dengan akses internet kabel seperti Indihome, Biznet, MyRepublic atau sejenisnya.

Kebutuhan akses dimasa sekarang ini tak kalah pentingnya dengan kebutuhan sandang dan pangan. Terlebih jika kamu seorang pelajar atau pekerja online. Sehingga mempunyai akses internet wifi adalah suatu keharusan.

Namun bagaimana jika tempat kamu saat ini belum tersedia layanan internet kabel? Solusinya yaitu dengan cara memasangnya sendiri.

Cara Pasang Wifi di Kampung dan Rincian Biayanya

Disini mimin akan menjelaskan semua buat kamu lengkap dengan rincian biayanya.

Cara Pasang Wifi di Kampung

Tidak ada akses internet kabel tetapi ingin tahu cara memasang wifi di desa terpencil? Kamu bisa mencoba cara ini.

Kamu bisa memanfaatkan akses internet dari provider seluler Telkomsel By.U dan memanfaatkan paket Unlimited (tanpa batas kuota). Lalu memasangnya pada suatu alat yang bisa memancarkan sinyal wifi.

Alasan kenapa menggunakan jaringan dari provider ini karena kualitas sinyal yang sudah sangat menyeluruh hingga ke pelosok. Selain itu paket yang ditawarkan di By.U Unlimited benar-benar tanpa batasan kuota. Cocok buat kegiatan online non stop tanpa memikirkan biaya jebol dan bisa dipakai hingga satu penghuni rumah.

Agar bisa menikmatinya, kamu harus mempersiapkan beberapa alatnya.

Persiapan Kebutuhan Alat

Adapun beberapa alat dan bahan yang diperlukan antara lain :

  1. Simcard Telkomsel By.U
  2. Modem Wifi
  3. Kabel LAN tambahan (opsional)
  4. Wifi Extender tambahan (opsional)

Semua kebutuhan di atas dapat didapatkan di toko peralatan jaringan atau dibeli secara online. Namun untuk simcard By.U hanya dapat dibeli di konter atau gerai indomaret tertentu. Itu Pun kamu harus melakukan pendaftaran dan pembelian melalui aplikasi By.U dan memilih opsi “ambil di tempat”.

Kemudian untuk kabel LAN itu opsional saja jika ingin langsung menyambungkan perangkat modem langsung ke pc atau laptop. Dan juga ingin memperluas dan menambah jangkauan sinya maka diperlukan Wifi Extender.

Ingat itu hanya opsional, jika kegunaan hanya untuk 1 rumah. Maka dengan modem wifi sudah lebih dari cukup.

Rincian Biaya

Berikut adalah rincian biaya yang diperlukan berdasarkan kebutuhan alat di atas.

1. Simcard Telkomsel By.U

Harga simcard nya sebenarnya Gratis, yang harus dibayarkan hanya paket internet saja yaitu 150rb (paket unlimited 30 hari).

Kamu bisa unduh aplikasi by.U melalui link berikut : Simcard By.U Rekomendasi Kored agar mendapatkan tambahan kuota internet 2GB.

Simcard Telkomsel By.U

Harga : Rp 150.000

Simcard by.U bisa beli di shopee : https://shp.ee/w8rm967

2. Modem Wifi

Selanjutnya untuk alat ini berkisar antara harga 300 ribu hingga 1 jutaan tergantung dari spesifikasi. Di sini anggaplah akan menggunakan alat yang baru dan ada beberapa pilihan yang bisa dipakai yaitu :

D-Link DWR-920

D-Link DWR-920 4G/LTE Wireless Router, harganya 700 ribuan. Seperti namanya, hanya support jaringan 4G LTE saja.

Huawei B312 4G Home Router

Huawei B312 4G Home Router, harganya juga 700 ribuan dan ini sama persis seperti yang mimin saat ini gunakan. Alat ini juga hanya support jaringan 4G LTE saja. Baca Juga : Cara Setting DNS di Router 4G Huawei B312-939 atau Orbit Star 2

TP-LINK TL-MR100 Wireless 4G LTE

TP-LINK TL-MR100 Wireless 4G LTE, sama juga harga 700 ribuan dan hanya mendukung jaringan 4G saja.

Jika desa atau daerah yang akan kamu pasang wifi itu belum mendukung jaringan 4G atau hanya ada 3G saja, kamu bisa pakai alat ini.

Router-Tp-Link-TL-MR6400

TP-LINK TL-MR6400 dengan harga berkisar antara 900 hingga 1 jutaan. Keunggulan dari alat ini dibandingkan sebelumnya yaitu kemampuan tangkapan jaringan mulai dari 2G/3G/4G. Selain itu juga dilengkapi fitur bandwidth management yang memungkinkan untuk mengatur batas kecepatan akses dari perangkat yang terhubung.

Link Pembelian Shopee :

3. Kabel LAN

Jika ternyata kamu ingin menghubungkan pc atau laptop langsung langsung ke modem. Maka diperlukan tambahan kabel LAN yang lebih Panjang, sebab yang bawaan kurang lebih hanya 1 meter saja.

kabel lan rj45

Kabel LAN ini harganya berkisar 5 ribuan per meter dan kamu perlu membeli membeli yang lebih panjang jika ingin menggunakan Wifi Extender.

Link pembelian : https://shp.ee/7e5msn7

4. Wifi Extender

Fungsinya untuk memperluas jangkauan wifi jika dirasa jangkauan dari alat kurang memuaskan. Salah satu yang mimin rekomendasikan yaitu TOTOLINK N200re.

totolink n200

Harga Cuma 150 ribuan saja dan bisa di beli di sini  : https://shp.ee/24j95u7

Jadi, berapa biayanya? Itu tergantung dari skema yang akan kamu pilih. Namun yang pasti kamu hanya perlu membeli alat sekali dan selanjutnya cukup beli paket internet bulanan saja.

Ini bisa jadi Win Win Solution jika pasang wifi di kampung yang belum tercover akses internet kabel.

Lihat Juga :

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang cara pasang wifi di kampung lengkap dengan biayanya. Semoga apa yang mimin tulis di atas bisa menjadi inspirasi dan wawasan bagi pembaca semua. Salam dari mimin Kored, sampai jumpa Kembali. Rekomendasi APN Telkomsel Orbit Tercepat dan Stabil