Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Cara Pasang Wifi Sendiri Dirumah Tanpa Batasan Kuota

Cara Pasang Wifi Sendiri

Pada artikel ini admin Kored akan berbagi tips dan pengalaman bagaimana cara pasang wifi sendiri dirumah tanpa batasan kuota alias unlimited. Ketersediaan  akan akses internet merupakan kebutuhan pokok sekarang ini. Terlebih bagi mereka yang bekerja secara daring/online dari rumah.

Oleh karena itu diperlukan jaringan internet wifi agar semua perangkat gadget seperti laptop dan smartphone bisa online dalam waktu bersamaan. Biasanya untuk mengatasi permasalah tersebut yaitu dengan cara pasang isp internet kabel seperti Indihome, MyRupublic, Bisnet dan lain sebagainya.

Namun bagaimana jika tempat tinggal kalian belum tercover jaringan internet kabel? Tentu pusing bukan kepalang. Contohnya di tempat admin tinggal sekarang ini, di desa dan jauh dari kota. Sinyal jaringan seluler pun hanya terbatas 1 provider saja, yaitu Telkomsel.

Bagaimana Cara Pasangan Jaringan Wifi Hotspot Sendiri di Rumah?

Apabila kondisinya terbatas atau tidak tercover akses internet kabel. Setidaknya ada 2 pilihan cara agar dapat mempunya jaringan wifi sendiri dirumah, antara lain :

  • Nembak WIFI
  • Pasang 4G Router

Nah yang akan dibahas dalam artikel ini yaitu dengan cara memasang 4G router. Alasannya karena lebih hemat biaya dan alat sudah sepenuhnya menjadi miliki kita.

Untuk pembahasan tentang pemasangan dengan cara nembak wifi akan admin bahas pada sesi artikel yang lain.

Lanjut ke metode pemasangan jaringan wifi di rumah tanpa ada batasan kuota. Apa saja yang perlu disiapkan?

Persiapan Alat untuk Membuat Jaringan Wifi Sendiri

Setelah menentukan mau memasang wifi dengan cara apa. Sekarang saatnya untuk menentukan alat apa saja yang harus disiapkan.

1. 4G Router

Seperti namanya, ini merupakan perangkat router yang dapat menghasilkan sinyal wifi dengan sumber internet dari jaringan 4G. Ada banyak varian dari berbagi merk yang dapat kalian pilih dengan rentang harga baru mulai dari 700 ribu hinggan 900 ribuan.

huawei 4g router

Untuk admin sendiri menggunakan perangkat Huawei B312 atau Orbit Star 2. Harga untuk perangkat ini 799ribu dan kisaran harga yang sama kalian dapat menggunakan merk lain seperti TP-Link Mr100 atau Mr6400, Dlink DWR920, Tenda 4G680 dan masih banyak lagi. Silahkan disesuaikan saja dengan budget yang ada karena spek dari 4G router pada  range harga seperti itu sama semua.

Jika ada pertanyaan, kenapa tidak menggunakan mifi saja? Karena kebutuhannya adalah wifi rumah yang artinya akan menyala 24 jam non-stop, maka mifi tidak direkomendasikan.

Baca Juga : Cara Setting DNS di Router 4G Huawei B312-939 atau Orbit Star 2

2. SIM Card 4G dan Paket Internet

Paket Internet menjadi point penting ketika akan membuat wifi sendiri. Jika ingin membuat wifi yang tanpa ada batas kuota pemakaian, tentu harus menggunakan paket unlimited. Namun sayangnya banyak sekali provider seluler yang mengeluarkan paket unlimited tetapi tidak benar-benar tanpa batas.

paket unlimited byu

Kecuali paket unlimited “Yang Bikin Makin Aman Jaya” dari provider By.U Telkomsel. Cukup dengan harga 140 ribu kalian sudah akan mendapatkan akses internet tanpa batas pemakaian. Tetapi kecepatan akses internet untuk paket ini hanya 1.5 Mbps (Mega bit per detik) atau 196 kBps (kilo Byte per detik).

Jangan pesimis dengan kecepatannya, nyatanya dengan kualitas jaringan Telkomsel yang kuat dan stabil. Paket unlimited ini sangat memadai untuk dipakai 5 perangkat secara bersamaam bahkan bisa lebih (berdasarkan pengalaman).

Untuk mendapatkan SIMCard By.U kalian dapat memesannya melalui web https://byu.id atau aplikasi By.U dari Playstore maupun Appstore.

3. Smartphone atau PC

Peralatan terakhir yang dibutuhkan yaitu HP smartphone atau pc komputer. Fungsinya apa? Tentu saja untuk melakukan konfigurasi awal, misalnya mengganti nama SSID bawaan, ubah passwordnya dan pengaturan lainnya.

Lihat Juga : Pengalaman dan Cara Pasang Wifi di Kampung dan Rincian Biayanya

Cara Pasang Wifi Sendiri Dirumah Tanpa Batasan Kuota (Unlimited)

  1. Pertama silahkan siapkan SIM Card By.U yang sudah dibelikan paket Unlimited
  2. Masukkan simcard tersebut ke 4G Router lalu hubungkan ke sumber daya
  3. Setelah itu hubungkan hp atau PC ke nama SSID Default dari router (password biasanya ada di bagian belakang alat atau di box)
  4. Setelah itu buka browser, lalu masukkan alamat IP Router (ada dibelakang alat)
  5. Kemudian masukkan admin dan password default
  6. Terakhir lakukan konfigurasi sesuai merk perangkat 4G router yang digunakan

Berikut ini contoh perpaduan antara 4G Router Huawei B312 dengan provider By.U, silahkan disimak ya.

Rincian Biaya Pasang Wifi Sendiri di Rumah

Besar biaya yang dikeluarkan apabila cara pasang wifi sendiri seperti ini akan ada biaya awal dan bulanan yang harus dikeluarkan nantinya. Rincian biayanya antara lain :

  • Biaya awal : Alat Rp 800 ribuan dan Simcard+paket Rp 140 ribu 
  • Biaya bulanan : cukup membayar / beli paket unlimited By.U sebesar Rp 140 ribu saja

Jika melihat rincian biaya di atas, jauh lebih hemat dibandingakan dengan pasang internet kabel seperti Indihome di harga 300 ribuan per bulan.

Lihat Juga :

Akhir Kata

Seperti itulah bagaimana cara pasang wifi sendiri dirumah tanpa batasan kuota dengan menggunakan paket unlimited simcard By.U Telkomsel. Semoga tulisan ini bisa menjadi referensi pembaca yang berniat ingin membuat jaringan wifi sendiri dengan modem 4G router di rumah atau kedai kopi dan di tempat usaha yang dikelola.