Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Cara Setting DNS di Router 4G Huawei B312-939 atau Orbit Star 2

Pada artikel ini mimin akan berbagi tips bagaimana cara setting dns di router 4G LTE B312-939. Bisa juga untuk modem Orbit Star 2 karena memang mesin dari perangkat tersebut ya si Huawei b312 itu tadi. Mengingat DNS sangat penting dan mempunyai banyak sekali kegunaan, jika kamu pengguna modem wifi ini sebaiknya ketahui caranya disini.

Sebagaimana kita ketahui bahwa DNS (Domain Name System) yang mempunyai banyak sekali manfaat dalam dunia jaringan internet. Namun sayangnya tidak semua perangkat modem internet atau router menyediakan opsi untuk mengatur DNS.

Salah satunya pada Huawei B312 atau Orbit Star 2, dimana kamu tidak akan bisa menemukan opsi ubah dns di dalam web adminnya. Namun sebenarnya menu tersebut ada, hanya saja disembunyikan oleh sistem. Sehingga kamu perlu melakukan pemanggilan dengan kode tertentu sehingga menu ubah DNS bisa muncul.

Cara Setting DNS di Router 4G Huawei B312v Orbit Star 2

Cara Setting DNS di Router 4G LTE Huawei B312 atau Orbit Star 2

Sebelum mengubah DNS mimin anggap kamu semua sudah paham fungsi dan kegunaan dari DNS itu sendiri. Dan juga sudah mengetahui ingin menggunakan dari penyedia yang mana, seperti OpenDNS, GoogleDNS, CloudFlare dan lain sebagainya.

Silahkan perhatikan panduan lengkapnya di bawah ini.

Langkah 1 : Login ke Web Admin

Silahkan kamu login ke web admin di url berikut : http://192.168.8.1 menggunakan PC komputer atau laptop yang sudah terhubung dengan jaringan WIFI atau kabel LAN. Lalu silahkan masukkan password dan login seperti bisa.

menu login Huawei b312

Langkah 2 : Memunculkan Menu DNS

Selanjutnya setelah berhasil login, silahkan pilih menu Lanjutan lalu klik Router dan pilih DHCP. Sehingga akan nampak belum ada menu DNS di dalamnya.

Agar menu DNS muncul, silahkan masuk ke Inspec Element dengan cara klik kanan mouse lalu klik Inspec. Cara lain yaitu dengan tekan F11 pada keyboard setelah terbuka klik menu Console.

memunculkan menu dns huawei b312

Setelah itu ketik kode ini : $("#dhcp_dns").show(); lalu Enter sehingga menu DNS di Huawei B312 akan muncul.

Langkah 3 : Setting DNS di Huawei B312 Orbit Star 2

Setelah menu yang dicari muncul, sekarang kamu sudah dapat memasukkan DNS Server sesuai keinginan. Apabila sudah terisi semua jangan lupa untuk menekan tombol Simpan.

cara setting DNS di router 4G LTE huawei b312 orbit star 2

Sekarang coba kunjungi situs yang sebelumnya tidak bisa diakses seperti Reddit. Karena dengan mengubah DNS maka situs semacam itu akan bisa dikunjungi tanpa ada pemblokiran dari internet positif.

Perlu diketahui juga bahwa settingan DNS tersebut akan terus tersimpan meskipun dilakukan restart pada modem. Namun jika kamu melakukan reset, pengaturan tersebut juga akan hilang dan perlu diatur dari awal seperti sebelumnya.

Selanjutnya kamu juga bisa mengubah Band Frekuensi dengan menggunakan aplikasi Huawei Manager APK.

Baca Juga :

Akhir Kata

Demikian penjelasan dan cara setting DNS di Router 4G Huawei B312-939 atau orbit star 2. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa membantu pembaca semua untuk melakukan pengaturan DNS sendiri.