Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Mengenal Fitur Termasuk Ongkos Kirim Shopee dan Cara Mengatifkannya

Pada artikel ini admin Kored akan berbagi informasi tentang fitur Non Integrated Channel atau biasa disebut "Termasuk Ongkos Kirim Shopee" yang sering ditemukan pada produk non fisik. Selain itu akan dijelaskan pula produk barang apa saja yang mendukung dan bagaimana cara mengaktifkannya.

Mengenal Fitur Termasuk Ongkos Kirim Shopee

Berbicara tentang jasa pengiriman di shopee, tentunya kita semua mengenal ekspedisi seperti JNE, J&T, siCepat, Ninja, ID Express dan masih banyak lagi. Tetapi ada beberapa hal yang membuat barang yang dijual tidak bisa menggunakan jasa ekspedisi tersebut dan membutuhkan jasa pengiriman lain.

Jasa yang tidak tercantum di sistem shopee inilah kemudian disebut jasa pengiriman tidak terintegrasi atau istilahnya Non Integrated Channel. Lalu, karena sistem pembayarannya dilakukan oleh penjual atau seller. Sehingga produk atau barang yang memakai fitur ini pasti akan mempunyai ongkos kirim Rp 0.

Pengertian Termasuk Ongkos Kirim di Shopee

Apa itu termasuk ongkos kirim shopee? Penjelasan sederhananya yaitu suatu fitur yang memungkinkan seller atau penjual di ecommerce shopee untuk menjual produk tanpa disertai ongkos kirim. Hal ini disebabkan produk yang dijual tidak memungkinkan dilakukan pengiriman, misalnya barang non fisik, membutuhkan penanganan khusus dan berdimensi atau berat yang besar.

Dengan sistem seperti ini tentunya ada konsekuensi yang harus ditanggung oleh seller. Konsekuensi tersebut yaitu seller harus memperhitungkan dengan baik ongkos yang harus ditanggung. Misalnya harga yang ditampilkan sudah termasuk ongkos kirim atau dibayarkan secara COD (Cash On Delivery) ditempat

Sehingga dengan jasa tak terintegrasi tersebut pada suatu produk yang memakai fitur ini akan bertuliskan "Termasuk Ongkos Kirim Rp 0" seperti gambar di bawah.

termasuk ongkos kirim shopee

Jenis Produk yang Mendukung Fitur Termasuk Ongkos Kirim di Shopee

Non integrated channel atau jasa pengiriman tidak terintegrasi dengan sistem shopee hanya dapat diterapkan pada jenis produk tertentu. Informasi yang Kored temukan pada form permohonan, setidaknya ada 4 jenis kriteria, antara lain :

alasan menggunakan jasa kirim tidak terintegrasi

1. Produk Non Fisik atau Digital

Pada era yang semakin modern dan serba digital seperti sekarang ini sudah banyak seller yang mencoba menjual produknya di ecommerce, salah satunya shopee.

Produk seperti pulsa, token listrik, emoney, e-book, lisensi atau barang non fisik lain ketika ada proses pembelian tentu ada penanganan khusus. Dimana jenis produk seperti ini tidak memerlukan proses pengiriman barang dan ongkos kirim. Sebab proses pengiriman orderan dilakukan pada saat itu juga atau real time. Sehingga sangat dibutuhkan fitur khusus yang bernama termasuk ongkos kirim shopee.

2. Produk Butuh Penanganan Khusus

Apabila produk atau barang yang dijual pada marketplace shopee membutuhkan penangan khusus, dimana pihak ekspedisi tidak dapat menanganinya. Maka kamu perlu menambahkan fitur Non Integrated Channel atau jasa kirim tidak terintegrasi. Sehingga dapat menggunakan armada pengiriman sendiri atau partner.

3. Membutuhkan Instalasi

Kemudian jenis produk atau barang berikutnya yang bisa menggunakan fitur termasuk ongkos kirim yaitu barang yang membutuhkan instalasi/pemasangan. Jika kamu berniat akan menjual barang dan disertai dengan pemasangannya maka sangat diperlukan fitur ini.

Contohnya kamu menjual AC (Air Conditioner) yang mana dalam paket penjualannya disertai juga dengan instalasi. Maka kamu wajib menambahkan Non Integrated Channel atau jasa kirim dari toko beserta dengan teknisinya.

Biasanya semacam ini hanya untuk transaksi dalam cover area tertentu, misalnya khusus JABODETABEK (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi).

4. Barang Terlalu Besar atau Berat

Berikutnya yaitu barang dengan ukuran besar atau berat, jika kamu akan menjual barang berdimensi besar dan berat. Disarankan untuk menggunakan fitur jasa kirim yang tidak terintegrasi.

Karena dengan begitu, kamu dapat mengatur sendiri biaya pengiriman. Misalnya kamu bisa memakai jasa pengiriman toko atau melakukan kerja sama dengan pihak ekspedisi kargo.

Contohnya kamu jual meubel, seperti meja kerja, kursi, lemari dan sejenisnya. Akan lebih hemat jika dalam paket penjualan tersebut sudah termasuk ongkos kirim. Caranya dengan melakukan kontrak kerja sama dengan pihak ekspedisi kargo.

5. Lainnya

Sedangkan apabila kamu mempunyai alasan lain sehingga membutuhkan fitur Termasuk Ongkos kirim, maka wajib menjelaskan dan memberikan alasannya. Jelaskan secara detail apa yang dijual sehingga membutuhkan Non Integrated Channel.

Nantinya permohonan yang telah kamu kirim akan dilakukan review, jika lolos atau diterima maka fitur ini akan segera aktif.

Syarat dan Cara Aktifkan Fitur Termasuk Ongkos Kirim Shopee

Suatu fitur yang secara default tidak dimunculkan di sistem shopee tentu mempunyai alasan tertentu. Kemudian apabila ingin mengaktifkan fitur tersebut tentu harus melakukan permohonan dengan melengkapi beberapa persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Syarat untuk daftar fitur termasuk ongkos kirim di shopee yaitu sebagai berikut :

Syarat

  • Nama pengguna atau username shopee
  • Alamat email
  • Nama sesuai KTP atau identitas resmi
  • Foto KTP/Kartu Keluarga/SIM/Paspor (silahkan pilih salah satu)
  • Nomor KTP/Kartu Keluarga/SIM/Paspor
  • Nomor rekening dan foto halaman depan buku tabungan
  • Daftar link produk yang memenuhi kriteria
  • Alasan lengkap kenapa ingin mengaktifkan fitur tersebut

Dari poin-poin di atas jelas bahwa pihak shopee ingin mengetahui siapa yang akan menggunakan fitur tersebut. Lalu untuk apa dan juga alasannya, kemudian diminta untuk menyertakan link produk yang memenuhi kriteria (misal produk non fisik). Jadi pastikan sebelum mengajukan permohonan, sudah menambahkan listing produk yang akan kamu jual.

Cara Mengaktifkan Fitur Termasuk Ongkos Kirim Shopee

Langkah berikutnya yaitu mengisi formulir permohonan yang kamu dapatkan pada link bantuan shopee atau dengan menghubungi customer service.

Silahkan buka link berisi formulir pengaktifan non integrated channel dengan mengisi setiap kolom dengan data yang telah kamu persiapkan. Setelah itu tekan tombol kirim dan tunggu proses penijauan dari pihak shopee selama 3-5 hari.

Pengaktifan fitur termasuk ongkos kirim shopee

Apabila disetujui atau diterima, kamu akan mendapatkan balasan lewat email. Kemudian ubah semua produk yang sudah ditambahkan dengan layanan ekspedisi termasuk ongkos kirim Rp 0.

Lihat juga :

Lalu, jika permohonan ditolak atau tidak diterima bagaimana solusinya? Silahkan coba kamu perhatikan beberapa tips dalam video berikut.

Tips Agar Fitur “Termasuk Ongkos Kirim Shopee” Disetujui

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan lengkap tentang fitur Termasuk Ongkos Kirim Shopee. Disertai juga dengan kriteria produk yang bisa menggunakan fitur ini. Lalu dijelaskan pula syarat dan tips agar diterima Non Integrated Channel agar tidak ada ongkos kirim pada produk yang akan kamu jual.