Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Cara Membuat Link WhatsApp di Bitly, Mudah Banget

Cara Membuat Link WhatsApp di Bitly, Mudah Banget

Halo sobat Kored, pada artikel ini admin akan membagikan tips bagaimana cara membuat link WhatsApp (WA) di Bitly secara cepat dan mudah. Dengan seperti itu link chat wa yang semula panjang akan menjadi lebih pendek dan ringkas jika diperpendek di Bit.ly. Sehingga ketika kalian akan memasangnya di sosmed seperti instagram, facebook atau linktree akan terlihat lebih rapi.

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap kali akan menghubungi seseorang lewat chat di whatsapp tentunya harus menyimpan nomor terlebih dahulu agar muncul di daftar kontak. Namun berbeda dengan pengguna aplikasi WA Bisnis, terdapat fitur “Tautan Pendek” yang memungkinkan siapapun   dapat mengirim pesan tanpa harus simpan nomor terlebih dahulu. Kemudian agar lebih rapi lagi atau diperpendek lagi link whatsapp bisa di Bitly.

Nah bagi pengguna akun WA biasa (standar) untuk membuat link chat whatsapp dan memperpendeknya bisa ikuti panduan di bawah ini.

Cara Membuat Link Whatsapp di Bitly

Sebelumnya bagi yang belum mengetahui apa itu Bitly, merupakan layanan untuk memperpendek url atau alamat suatu web. Sehingga url yang semula panjang bisa menjadi pendek dan ringkas kurang dari 10 kata. Lalu untuk membuat link chat di wa antara lain sebaga berikut :

  1. Pertama kalian cukup membuat url seperti ini, wa.me/Nomor WA (angka 0 ganti 62)
  2. Setelah itu buka Bitly.com dan pada kolom “Shorten your link” ketik wa.me/Nomor WA (angka 0 ganti 62) lalu tekan Shorten (Misal : wa.me/6281223445667
    Cara Membuat Link Whatsapp di Bit.ly

  3. Maka hasilnya akan menjadi seperti ini 
    Link Whatsapp di Bitly sudah jadi

  4. Silahkan salin/copy dan bagikan ke orang lain (di facebook, instagram dan linktree)

*Catatan : Jika ingin membuat link chart dari Whatsapp bisnis, kalian bisa melihatnya di Fitur Bisnis > Tautan Pendek. Setelah itu silahkan paste di Bitly untuk mendapatkan url seperti panduan di atas.

Lihat Juga : Cara Membuat Link WhatsApp di Bio Instagram dengan Linktree

Cara Membuat Link Whatsapp di Bit.ly dengan Tulisan (Alternatif)

Jika sebelumnya link Wa yang dibuat akan otomatis chat ke nomor tujuan secara polosan atau tanpa teks. Apabila ingin menambahkan tulisan teks di dalam link, kalian perlu menggunakan susuna format yang berbeda.

Sebelumnya ketahui dulu kode berikut :

  • %20 untuk spasi
  • %0A untuk ganti baris/enter

Contohnya kalian ingin membuat link Wa di Bitly bertuliskan "Halo Admin Kored, Saya ingin pesan", maka format penulisannya menjadi seperti ini.

https://api.whatsapp.com/send?phone=6285155122711&text=Halo%20Admin,%20Saya%20ingin%20pesan

cara membuat link whatsapp di bitly dengan teks tulisan

Mungkin format di atas terlihat ribet dan membingungkan, maka dari itu Admin sarankan menggunakan WA Chat Generator yang bisa dicari dengan mudah di pencarian Google.

Setelah Link WhatsApp sudah jadi selanjutnya kalian dapat mengubah atau memperpendeknya lagi di Bit.ly, sehingga menjadi lebih rapi.

Jadi seperti itulah cara membuat link whatsapp di bit.ly, mudah sekali bukan. Selanjutnya jika kalian juga bisa memasang link tersebut di sosial media seperti bio Intagram, Twitter, Facebook dan  juga linktree seperti gambar di bawah ini.

cara membuat link whatsapp di instagram

Lihat Juga :

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang cara membuat link whatsapp di bitly. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulan bahwa link chat wa dapat dibuat secara manual atau dengan generator. Selain itu link wa yang diperpendek dengan Bit.ly akan menjadi lebih ringkas dan rapi.