Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Rate Convert Pulsa : Pengertian, Kegunaan dan Cara Menghitungnya

Rate Convert Pulsa : Pengertian, Kegunaan dan Cara Menghitungnya

Rate Convert Pulsa - Segala yang dilakukan dengan cara menukar sesuatu dengan bentuk lain pasti memiliki Rate atau nilai Tukar. Nah pada tulisan ini Kored akan menjelaskan nilai tukar dari proses Convert Pulsa supaya kalian paham dan mengerti cara menghitungnya.

Beberapa waktu yang lalu Kored sudah menulis setidaknya beberapa artikel tentang proses mengubah pulsa dengan uang. Pada pembahasan tersebut berulang kali menyebut istilah Rate Pulsa. Sebenarnya apa sih itu dan seberapa penting kok sampai harus diperhatikan dengan seksama.

Mengingat pentingnya informasi ini terutama saat proses transaksi ubah pulsa, berikut adalah pengertian, kegunaan dan cara menghitung rate pulsa :

Pengertian Rate Pulsa

Secara bahasa Rate memiliki arti menilai, sedangkan pulsa sendiri merupakan satuan biaya untuk perhitungan telpon, sms dan lain saat digunakan di ponsel.

Sehingga Rate Pulsa adalah pedoman yang dipakai untuk menilai besarnya suatu pulsa dengan suatu objek lain, misalnya Uang/rupiah.

Selain rate, ada istilah lain yang juga sering digunakan, yaitu Kurs. Merupakan nilai tukar mata uang dengan pembayaran saat ini yang dipakai.

Fungsi dan Kegunaan Rate Pulsa

Pada penerapannya Rate Pulsa biasa dipakai untuk mengetahui nilai tukar saat transaksi mengubah pulsa menjadi uang.

Setiap pulsa dari provider seperti Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axis, Three (tri) dan Smartfren memiliki nilai tukar yang berbeda-beda satu sama lain. Sehingga Rate Pulsa memiliki fungsi untuk mengetahui provider mana yang memiliki nilai rate tinggi atau rendah.

Provider yang paling laku biasanya akan memiliki nilai tukar yang tinggi sehingga seseorang yang ingin mengumpulkan pulsa alangkah baiknya menggunakan provider tersebut.

Jasa Convert Pulsa biasa menggunakan pedoman ini dalam setiap transaksinya. Setiap calon customer yang akan menukarkan pulsa pasti akan ditanya providernya apa lalu diberikan nilai rate.

Sehingga customer mengetahui besarnya uang yang akan mereka terima. Namun ternyata masih banyak customer yang belum bisa menghitung rate convert pulsa.

Cara Menghitung Rate Convert Pulsa

Biasanya nilai rate ada yang memakai persen (%) dan desimal. Namun apapun yang dipakai cara menghitungnya tetap sama dan hasilnya juga sama.

Rumus : Jumlah pulsa x rate = uang yang diterima.

Misalnya kalian akan menukarkan pulsa Smartren 100 ribu dengan rate sebesar 90%. Maka cara menghitungnya sebagai berikut :

  • Pulsa 100.000 x 90% = Rp 90.000,-

Gunakan kalkulator biar mudah menghitungnya, contohnya seperti ini.

Rate Convert Pulsa : Pengertian, Kegunaan dan Cara Menghitungnya

Bagaimana, mudah kan? Jika rate nya nol kome misal 0,90 cukup ganti rate persen dengan rate yang lain maka hasilnya akan sama juga.

Akhir Kata

Demikianlah Pengertian, Kegunaan dan Cara Menghitung Rate Convert Pulsa. Semoga kalian paham dan tidak bingung lagi masalah rate ini. Terimakasih telah berkunjung di Kored.id, nantikan artikel menarik lainnya.