Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Search Console Fetch As Google Lama Sudah Tidak Tersedia. Segera Beralih ke Search Console Baru

Seperti yang kita tahu, pada tanggal 28 maret 2019 adalah hari terakhir untuk menggunakan Search Console versi lama. Search Console untuk versi lama sudah tidak bisa digunakan lagi untuk mempercepat indeks Artikel ataupun mengindeks situs blog. Hal tersebut dikarenakan, google memperbaharui layanan Search Console ke versi terbaru.
cara artikel cepat terindex google terbaru

Dalam segi fungsi, Sebenarnya tidak ada pengaruh yang begitu besar. Artikel atau blog yang sudah terdaftar didalam search console versi lama akan tetap terindeks oleh google. Namun secara tampilan dan cara kita memasukan data untuk di input agak sedikit berbeda.
cara artikel cepat terindex google terbaru

Menggunakan Search Console versi terbaru menurut saya lebih mudah dan lebih praktis dari pada menggunakan Search Console Fetch As Google versi Lama. Dan artikelpun sudah pasti lebih cepat terindeks oleh google. Namun jika kalian belum terbiasa menggunakan search console versi terbaru akan merasa canggung jika beralih dari Search Console Fetch As Google Lama ke versi baru. Karena banyak fitur yang belum didukung didalam search console versi terbaru diantaranya:
  • Data Statistik Crawling
  • Pengujian Robots.txt
  • Fitur data highlighter
  • Mengelola parameter URL di google penelusuran
  • Penargetan Internasional(Mengelola atau menyetel negara target yang dipilih)
  • Membaca dan mengelola pesan
  • Fitur mengganti alamat
  • Menyetel domain yang di inginkan atau domain pilihan
  • Mengatribusikan properti serach console dengan properti analytics
  • Menghapus konten lama dari indeks
  • Laporan Sumber yang diblokir
  • Menolak link
Jika kalian masih perlu menggunakan data diatas, silahkan menggunakan Search Console versi lama.

Baca Juga :
Cara Index Artikel Blog Ke Google Search Console Versi Baru

Cara index artikel di search console di versi baru menurut saya caranya lebih mudah dan simple Dibandingan dengan search console versi lama. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Tentukan Artikel yang akan di index
2. Salin/ Copy Link Artikel yang akan di Index
3. Kemudian Buka Search Console versi baru
4. Jika halaman search console versi baru sudah terbuka. Pilih Inpeksi URL
cara artikel cepat terindex google terbaru

5. Lalu masukan link artikel yang sudah di copy tadi -> Pilih Minta Pengindeksan

6. Tunggu beberapa saat Dan Selesai

Memahami Hasil URL Yang Sudah Di Index Di Search Console Versi Baru
cara artikel cepat terindex google terbaru

Ada berbagai keterangan hasil URL yang sudah di index. Jika dilihat dari gambar diatas ketika artikel sudah selesai di index maka muncul keterangan "URL tidak ada di Google" padahal kita sudah melakukan pengindeksan. Untuk mengetahui hal tersebut simak penjelasannya

URL Berada Di Google
Artinya URL sudah di index, sudah muncul di hasil pencarian google dan tidak ditemukan masalah atau kendala apapun. Jadi URL artikel yang dimintau pengindeksan sudah berada di google.

URL Berada di Google, Namun Mengalami Masalah
Itu artinya URL sudah berhasil di index dan sudah muncul di hasil pencarian, Namun ada beberapa masalah yang bisa membuat halaman atau url tersebut tidak muncul.
Yang harus dilakukan baca peringatan atau informasi error yang terdapat dalam laporan dan perbaiki masalah yang sudah dijelaskan

URL tidak ada di Google : Terjadi Error Pengindeksan
Itu artinya ada beberapa error yang mencegah URL tidak bisa di index. Dan tentunya URL tidak akan muncul di hasil penelusuran google sampai masalah tersebut selesai diperbaiki.
Yang harus dilakukan jika muncul keterangan seperti diatas, perluas bagian cakupan index untuk melihat detailnya

URL Tidak Ada di Google
Ini mungkin masalah yang sering muncul pada saat pertama kali mengindex suatu link artikel. Hal tersebut wajar terjadi, karena google butuh proses untuk melakukan index artikel.
Jika masih ragu url atau link yang kita masukan tadi sudah di index atau belum, maka caranya kita tinggal scroll kebawah lihat di penyusunan indeks lalu pilih Periksa, jika muncul keterangan URL ada di Google, maka artikel sudah terindex oleh google.

Demikian Beberapa Penjelasan Mengenai Search Console Versi Baru. Semoga penjelasan di atas bermanfaat bagi kalian yang membacanya. Dan terimakasih sudah berkunjung.