Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Cara Mengetahui Tag Video Youtube Terbaru, Mudah Banget

Cara mengetahui Tag Video Youtube, Mudah Banget

Gimana sih cara mengetahui tag video di youtube? Nah pada kesempatan kali ini Kored akan berbagi tips kepada kalian semua untuk melihat tag pada suatu video youtube secara mudah dan dijamin valid.

Akhir-akhir ini Kored perhatikan banyak sekali orang yang mulai membuat video youtube. Biasanya orang-orang tersebut membuat video di youtube karena beberapa alasan, yaitu karena passion (minat) dan ingin mendapatkan uang dari monetize.

Apapun alasannya sah saja karena Youtube adalah platform yang bebas dipakai oleh siapapun. Tetapi jika ingin serius terjun menjadi kreator, alangkah baiknya memahami pengaturan seperti judul, deskripsi dan tag.

Nah untuk Tag masih banyak yang belum memahami bagai mana cara kerjanya dan seperti apa penulisan tag yang benar. Salah satu cara mudah yaitu dengan melihat pengaturan tag video dari kreator youtube lainnya.

Selengkapnya silahkan simak penjelasan berikut ini.

Apa itu Tag Youtube?

Berdasarkan pusat bantuan Youtube, Tag merupakan kata kunci deskriptif yang ditambahkan ke video unggahan dan  berfungsi agar penonton mudah menemukan konten kita.

Pada pusat bantuan tersebut juga dijelaskan juga bahwa sebenarnya thumbnail, judul video dan deskripsi merupakan elemen yang paling utama agar penonton mudah menemukan konten kita.

Di Luar itu nyatanya Tag masih menjadi suatu hal yang wajib diterapkan dengan baik terutama untuk konten kreator (Youtuber) pemula.

Penggunaan Tag yang tidak benar atau berlebihan termasuk spam dan melanggar kebijakan google. Jadi harus berhati-hati dan jangan sembarangan.

Sumber informasi resmi bisa kalian lihat pada laman : Tentang Tag

Salah satu cara agar kalian tidak salah jalan, bisa melihat contoh tag dari video youtube orang lain seperti yang akan Kored bahas di bawah ini.

Cara Mengetahui Tag Video di Youtube

Sebelum memulai mengetahui tag di video youtube orang lalin, pastikan mencari yang sesuai atau sama dengan konten kalian.

Misalnya jika akan upload video vide film pendek, maka carilah dengan judul serupa agar tag yang didapatkan nanti bisa relevan.

Agar cara ini bekerja dengan maksimal, Kored sarankan untuk memakai komputer atau laptop dan browser chrome atau firefox. Langkah-langkah bisa kalian ikuti di bawah ini.

1. Pasang Ekstensi Keyword Everywhere

Langkah pertama silahkan buka buka browser, misal chrome, lalu kunjungi google dan ketik Keyword Everywhere. Setelah itu pilih pada hasil pencarian seperti gambar ini.

Cara mengetahui tag video youtube

Kemudian setelah masuk ke halaman baru, klik Tambahka ke Chrome. Setelah itu kalian juga perlu memasukkan alamat email untuk mendapatkan Api Key.

Melihat Tag Youtube dengan Keyword Everiwhere

Setelah itu kalian cek email dan klik tautan yang berisi Api Key. Lalu Salin dan Validasi ke Addon atau Ekstensi Keyword Everywhere.

Validasi Keyword Everywhere


2. Melihatat Tag Video di Youtube

Setelah ekstensi atau addon Keyword Everywhere terpasang, sekarang coba buka Youtube dan tonton video apapun. Kalian akan melihat Tag dari video yang ditonton berada di samping seperti gambar di bawah ini.

Cara mengetahui Tag Video Youtube, Mudah Banget

Dari gambar di atas dapat dilihat terdapat beberapa tag yang tampil. Tetapi apakah valid atau tag di dalam video seperti itu? perlu dilakukan sedikit eksperimen.

Di sini Kored mencoba melihat video unggahan sendiri dan sudah dimasukkan tag tentunya. Kemudian dengan bantuan Keyword Everywhre, Kored mencoba memvalidasinya. Hasilnya seperti di bawah ini.

Bukti Cara Ini Berhasil dan Akurat

Inilah hasil tangkapan layar dari video youtube beserta Tag dari ekstensi Keyword Everywhere

Tag Video Youtube

Kemudian bandingkan dengan Tag yang dimasukkan melalui YT Studio

Tag Video YT Studio

Nah dari perbandingan gambar di atas jelas sekali bahwa cara melihat tag video youtube terbukti akurat. Jadi dengan cara ini kalian bisa mencari tag sesuai dengan konten yang akan diunggah di Youtube.

Jika kalian ingin melihat dari Android bisa dengan cara pada artikel sebelumnya.

Lihat Juga :

Akhir Kata

Demikianlah Cara Mengetahui Tag Video Youtube terbaru. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.