Lelah Karena Sulit Mencari Kerja? Coba Lakukan 7 Tips ini - Kored ID

2 December 2018

Lelah Karena Sulit Mencari Kerja? Coba Lakukan 7 Tips ini


Merasa Lelah Karena Sulit Mencari Kerja? Jangan Khawatir Lakukan Tips-tips ini

Pada kesempatan kali ini saya bukan mau membahas cara cepat diterima kerja di suatu perusahaan. Tetapi mungkin akan membahas cara menyikapi diri kita ketika merasa lelah karena selalu tidak mendapatkan suatu Pekerjaan.
Awalnya pasti kita berpikir dengan mudahnya kita akan mendapat suatu pekerjaan yang kalian inginkan atau damba-dabakan setelah lulus kuliah ataupun lulus dari sekolah kita bukan? Bahkan sebagian orang mempunyai pikiran, kirim lamaran pekerjaan ke suatu perusahaan lalu mendapat panggilan dan langsung bekerja.
Kenapa saya bisa berbicara demikian? Karena saya juga sama seperti kalian mempunyai pikiran seperti itu. Misalnya bekerja di perusahaan atau instansi Pemerintahan ataupun di lingkungan perkantoran yang gedungnya tinggi-tinggi :V. 
Ketika saya sedang kuliah, saya selalu berpikir kalau saya adalah orang lulusan dari universitas terkemuka, jadi saya selalu optimis pasti bisa bekerja di suatu perusahan atau di kantor-kantor dan selalu membayangkan betapa enaknya kerja kantoran, tinggal duduk manis depan komputer/ laptop mengisi file-file kerjaan yang di berikan atasan, weekend bisa liburan melepas penat setelah seharian bekerja bersama teman-teman dan keluarga. Bukan begitu? Ya.. tentu saja. Oke langsung saja, sejenak kita lupakan pikiran di atas. Mari kita bahas 7 hal yang perlu dilakukan jika anda merasa lelah mencari pekerjaan.


1. Menjalin Komunikasi Baik Dengan Teman Dan Keluarga
Menjalin komunikasi dengan teman dan keluarga merupakan suatu hal yang penting saat dalam keadaan seperti ini. Menjaga komunikasi dengan teman dan keluarga disini dalam artian bukan diharuskan setiap hari menghubunginya, tapi alangkah baiknya anda sedikit bercanda dengan mereka lewat Social Media, bisa dengan cara berkomentar di postingan mereka atau sesekali ajak mereka ngopi-ngopi di suatu tempat.
Tak lepas dari hal di atas, peran keluarga juga sangat penting dalam keadaan ini. Bicarakan keadaan kita saat ini, karena orang tua atau kerabat adalah orang tepat untuk berbagi keluh kesah kita. 
Saya sarankan berbicara dengan keadaan diri kita di waktu yang tepat. Lihat situasi dan kondisi teman atau keluarga kita, karena setiap orang mempunyai kesibukan dan masalah masing-masing.


2. Jangan Minder/ Tidak Percaya Diri
Jangan coba-coba kita merasa diri anda tidak pecaya diri lagi dengan kemampuan kita, karena pikiran dan sifat tersebut akan semakin membuat kita terpuruk dalam situasi tersebut. Dan  Jangan minder dengan orang lain karena kita terlahir dengan segala kelebihan yang diberikan tuhan, apalagi minder karena tidak mempunyai pekerjaan. Coba berpikir positif saja, karena tuhan sudah memberikan masing-masing rizkinya dengan porsinya masing-masing. 
Dan terus mencoba berusaha segali mampu. 


3. Isi Hari-harimu Dengan Kegiatan Positif
Disaat merasa terlalu lelah mencari suatu pekerjaan yang tak kunjung dapat, perasaan jenuh dan membosankan akan kita jalani sehari-harinya. Kita jangan berlarut-larut dalam situasi dan kondisi tersebut. Cari peluang lain agar kita bisa terlepas dalam situasi atau kondisi tersebut. Ya misalnya hubungi teman yang mempunyai usaha, coba kamu menawarkan diri untuk bantu-bantu teman kita dalam mengelola usahanya, mulai belajar kenapa teman kita bisa seperti itu.
Dan mungkin kita bisa mengisi kegiatan sehari-hari dengan memulai kursus Keahlian yang belum kita kuasai, misalnya kursus main musik atau kursus sesuai yang kamu sukai. Bisa juga kembali mengasah kemampuan diri kita sesuai dengan bidang keahlianmu.


4. Jangan Membiasakan Meminjam Uang
Membiasakan minjam uang sama orang lain bisa semakin memperburuk keadaan, apalagi meminjam dalam jumlah besar. Terus dari mana kita bisa menghasilkan atau mempunyai uang? Seperti yang sudah kita bahas di point sebelumnya, yaitu mencoba menghubungi teman atau kerabat yang mempunyai usaha, tawarkan diri kita untuk bantu-bantu di tempat usaha yang mereka jalani, jangan muluk-muluk dulu menanyakan gaji atau bayaran, jalani aja dulu.


5. Jangan Membanding-bandingkan Dengan Orang lain
Membandingkan diri kita dengan orang lain jelas merugikan diri sendiri, kecuali dalam hal positif, jadi kita melihat orang lain jadi acuan agar kita lebih baik dari orang lain. Jadi jangan terlalu melihat nasib baik orang lain, nanti ujung-ujungnya kita mempunyai sifat Iri, sirik dan dengki.


6. Koreksi Diri Sendiri
Hanya diri sendiri lah yang tahu keadaan diri kita sendiri. Pelajari dan ingatkan lagi pengalaman kita kebelakang, dan coba ingat kembali apa kesalahan kita. Apa kita dulu waktu kuliah malas-malasan? Apa alasan susah mendapatkan kerjaan kita kurang menguasai posisi yang akan dilamar? Setelah kita temukan apa kesalahan kita, coba perbaiki semuanya, dan jangan pernah mengulanginya lagi. Gak ada kata terlambat untuk menjadi diri yang lebih baik.


7. Tetap Berusaha dan Berdoa
Tidak ada usaha yang menghianati hasil. Begitu kira-kira orang-orang yang sudah mencoba berbagai macam kegagalan. Dan jangan lupa berdoa kepada sang pencipta. Seperti lagu bang H. Rhoma Irama “Perjuangan dan Doa” :V.

Nah, mungkin itulah cara menyikapi ketika kita merasa lelah dan merasa setres ketika tak kunjung mendapatkan pekerjaan. Apapun pekerjaan mu nikmati dan syukurilah masih banyak diluar sana yang tidak mempunyai pekerjaan seperti kita. Kamu adalah orang yang beruntung di anatara rekan-rekan yang tidak memliki pekerjaan. (EP)
JANGAN LUPA BACA HARI INI 