7 Tips Menjauhkan Anak Dari Hp/ Gadget. Nomor 4 Paling Ampuh - Kored ID

13 January 2019

7 Tips Menjauhkan Anak Dari Hp/ Gadget. Nomor 4 Paling Ampuh

Cara Ampuh Mengatasi Anak Kecanduan Gadget


Anak zaman sekarang hampir tidak pernah lepas dari yang namanya Gadget, memang sulit rasanya menjauhkan anak kita dari berbagai macam gadget. Apalagi kita sebagai orang tua sehari-harinya tidak pernah lepas menggunakan Hp/ Gadget tersebut, kemanapun kita pergi yang namanya gadget tidak pernah lupa dibawa, sehingga tak heran lagi jika anak kita meniru prilaku kita.

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa dipelajari ketika anak memegang suatu gadget, bisa berupa tontonan di youtube untuk konten anak, permainan mengasah otak untuk anak, bahkan hapalan-hapalan doa bisa terdapat di gadget. Akan tetapi anda sebagai orang tua harus tahu dalam suatu gadget terdapat hal yang dapat mempengaruhi ke arah negatif dan nantinya akan berdampak buruk bagi anak. Anak yang sudah terbiasa bermain gadget akan lebih merasa asik sendiri dan lupa akan lingkungan bermain di sekitarnya. Tak hanya itu dampak anak terlalu kecanduan bermain gadget, diantaranya mata anak kemungkinan akan terganggu, lupa dunia luar bahkan yang lebih parahnya akan terjadi gejala Autisme,

Tentunya kita sebagai orang tua tidak mau semua hal negatif tersebut terjadi pada anak yang kita sayangi, selagi kita bisa mengawasi dan mencegah anak bermain gadget semua hal negatif tersebut akan bisa dicegah se dini mungkin, lantas bagai mana kalau anak sudah kecanduan bahkan tidak bisa di pisahkan dari hp/ gadget nya?
Nah disini lah peran anda sebagai orang tua digunakan, usaha kan anak kita jauhkan dari berbagai macam gadget dengan cara banyak hal, dan di antaranya sebagai berikut


1. Jangan Pernah Instal Game/ Aplikasi Untuk Anak


Pada dasarnya anak menggunakan hp/ gadget karena di gadgetnya tersedia berbagai macam game dan aplikasi yang rata-rata di unduh atau di instal oleh orang tuanya, tindakan tersebut membuat anak kita akan lebih betah menggunakan gadget nya. untuk mengurangi anak bermain gadget, orang tua harus mulai menghapus beberapa aplikasi atau game yang sering digunakan oleh anak kita. jika sang anak sudah cukup mahir menggunakan gadget dan sudah bisa mengunduh sendiri aplikasi dan gamenya, kita sebagai orang tua harus lebih pintar menyembunyikan aplikasi dan game nya, dengan cara memberhentikan secara paksa aplikasi di hp/ gadget kita.


2. Tidak Membawa Hp/ Gadget Saat Bermain


Kebanyakan anak zaman sekarang saat bermain bersama, masing-masing dari mereka kebanyakan malah membawa hp/ gadgetnya sendiri. anak malah bersaing bahkan saling pamer hp/ gadgetnya ke teman yang lainnya. si anak memang bermain diluar rumah, tetapi mereka tetap membawa gadgetnya. Coba secara pelan-pelan mulai dari sekarang ketika main diluar rumah bahkan di dalam rumah kita sebagai orang tua usahakan si anak larang membawa atau menggunakan hp/ gadget saat bermain, biarkan anak kita fokus bermain tanpa gadget. Sesekali ajak atau suruh anak tetangga bermain dirumah kita untuk menemani si anak bermain permainan kesukaannya (Rumah berantakan dikit gak apa-apa), misalnya kalau anak kita perempuan ajak dia bermain boneka begitu juga kalau anak kita laki-laki coba ajak bermain mobil-mobilan dan permainan lainnya, lambat laun hal tersebut melatih anak kita untuk menjauhkan gadget dari dirinya.


3. Jangan Meletakan Hp/ Gadget Sembarangan


Menjauhkan gadget dari jangkauan anak merupakan hal yang harus di lakukakan orang tua,  jika anak sudah memiliki hp/ gadget sendiri, usahakan orang tua menyimpan atau menyembunyikannya ditempat yang aman, dan tempat yang susah di temukan oleh anak kita. orang tua bisa sedikit berbohong jika anak menanyakan gadget miliknya.
Ketika Hp/ Gadget kita di letakan sembarangan atau di tempat yang mudah di jangkau oleh anak kita, otomatis anak akan langsung menggunakan gadgetnya, meskipun sudah kita larang sang anak akan terus merengek meminta menggunakan gadgetnya. Jadi ada baiknya menjauhkan gadget dari penglihatan dan jangkauan anak kita.


4. Memasang Gambar Wallpaper Seram/ Ditakuti Anak


Beberapa bulan yang lalu sempat viral Video tentang orang tua yang menakuti anaknya dengan cara mengganti Wallpaper Hp nya dengan gambar yang menyeramkan yang ditakuti anaknya dan terlihat seperti hantu film-film horor. Ketika anak mau menggunakan dan mencoba membuka Hp saat terkunci otomatis gambar pertama yang muncul ialah gambar yang meneyeramkan tersebut, setelah melihat gambar seram tersebut anak-anaknya langsung menangis ketakutan bahkan sampai melempar hp orang tuanya dan tidak mau memainkan hp tersebut. Cara tersebut mungkin bisa kita coba, tapi gambarnya sebatas wajar aja jangan terlalu menyeramkan. Seandainya anak kita benar-benar penakut, lebih baik jangan mencobanya, takutnya anak kita mengalami trauma yang berkepanjangan.bukannya membenci hp, tapi malah ikut-ikutan membenci kita. Kalau anak benar-benar takut dengan hantu, bisa di ganti gambarnya dengan binatang yang sekiranya mereka takuti.


5. Jangan Membiasakan Menggunakan Hp/ Gadget Depan Anak


Kita berniat menjauhkan anak dari hp/ gadget sedangkan kita sehari-harinya menggunakan gadget depan anak kita, bukannya anak menjauh tapi malah semakin penasaran dengan gadget yang kita gunakan, anak biasanya selalu mencontoh orang tuanya, dan selalu menginginkan apa yang digunakan atau di pegang orang tuanya, jadi kita sebagai orang tua beri contoh yang baik depan anak kita. Gunakan Hp/ Gadget sewajarnya saja, gunakan ketika ada perlu penting atau gunakan saat hp kita berdering, dan kalau mau menggunakannya pun usahakan jauhi dulu anak kita.


6. Memberikan Mainan Lain sebagai Alternatif


Ada banyak cara untuk menjauhkan anak kita dari hp salah satunya dengan cara memeberikan mainan lain sebagai pengganti hp/ Gadget. Misalnya beri anak kita mainan lego, puzzle anak. atau bisa juga kenalkan anak kita permainan-permainan untuk diluar rumah, coba ajak anak kita bermain bola, selain anak kita terlepas dari gadget anak kita jauh akan lebih sehat. Jangan membiasakan atau mengenalkan anak kita bermain hp/ gadget merupakan suatu mainan. berikan pengertian kalau hp/ gadget hanya untuk orang dewasa dan beri penjelasan kalau nanti kamu juga bisa mengggunakannya saat umur tertentu.


7. Mengalihkan Perhatian Anak


Ketika anak menginginkan bermain hp/ gatget, kita sebagai orang tua harus bisa mengalihkan perhatiannya terhadap permainan lain, atau bisa juga dengan cara mengalihkannya ke permainan diluar rumah, ajak anak bermain diluar dengan teman sebayanya. kita sebagai orang tua jangan pernah melarang anak kita main diluar rumah, main diluar rumah anak akan semakin sehat dan bisa bergaul dengan orang-orang disekitarnya. Dengan cara ini anak bisa lupa dengan gadgenya. Semakin lupa dengan gadgetnya si anak akan semakin menjauhi gadgetnya.


Itu lah ke tujuh tips cara Menjauhkan Anak Dari Hp/ Gadget. Peran Orang tua sangatlah penting terhadap lingkungan dan perkembangan si anak. Jadilah orang tua yang bijak dalam hal memilih sesuatu untuk anaknya. Setiap orang tua menginginkan terbaik untuk anaknya, menjadi orang tua yang baik bukan berarti harus memenuhi dan menuruti segala kemauan anak, menjadi orang tua yang baik selalu bijak memberikan apapun untuk anaknya. (EP)
JANGAN LUPA BACA HARI INI