Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

7 Cara Memulai Usaha Sendiri

Langkah-Langkah Memulai Usaha Sendiri

langkah -langkah memulai usaha - Kored ID

Memulai usaha tentunya memiliki pertimbangan dan pemikiran yang berbeda-beda bagi setiap orang, tentunya dalam hal jenis usaha yang akan kita mulai, bahkan dari segi modal pun tentunya sangat menjadi pertimbangan. Tentunya setiap usaha yang kita mulai bahkan yang sudah kita jalani pastinya tidak mau gagal atau bangkrut di tengah jalan, untuk itu ada banyak hal yang harus kita siapkan sebelum memulai usaha, di antaranya,

Baca Juga : Pekerjaan-pekerjaan Tanpa menggunakan Ijazah

1. Rencanakan/ Tentukan Jenis Usaha Yang Akan Kita Mulai
Jenis usaha yang akan kita mulai haruslah jelas, rencanakan satu usaha yang akan kita jalani. Menentukan jenis usaha baiknya menerut hobi atau keahlian kita. Misalnya, kita jago komputer coba kamu buka usaha alat-alat kompeter atau hobi kita memasak, bisa juga kan membuka usaha makanan. Membuka usaha menurut hobi yang kita sukai atau kuasai nantinya biar kita tidak terlalu lama belajar.



2. Siapkan Modal




Modal merupakan faktor utama dalam memulai membuka usaha, sebagian orang banyak yang terhambat dengan masalah modal. Lantas bagaimana cara kita bisa mendapatkan modal? Bisa dengan cara meminjam modal dulu ke bank atau sekarang ada sistem pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR). Saya sarankan kalau modal hasil pinjam dari bank, harus melebihi target dari modal yang di butuhkan. Misalnya, kita butuh modal 10juta, nah kita harus pinjam max 15 juta, sisanya untuk jaga-jaga menyicil bulanan ke bank. Jadi sebelum usaha kita jalan, kita mempunyai cadangan uang untuk nyicil biaya bulanan ke bank. 

3. Cari Tempat Strategis
Hati-hati memilih tempat, tempat ramai belum tentu ramai pembeli, tempat sepi belum tentu sepi pembeli. Lakukan dulu survei tempat minimal 1 sampai 2 hari kita lihat situasi lokasi yang akan kita jalani. Kita diam disana sampai tau bener-bener lokasi tersebut. Jangan gegabah memilih lokasi usaha.


4. Pelajari Usaha Yang Akan Dijalani
Perlu kemampuan atau keahlian kalau kita ingin memulai suatu usaha, mininal anda tau dasar. Jangan asal-asalan membuka usaha tanpa mempelajarinya terlebih dulu. Tanya sana sini, atau cari lewat internet. Pelajari dengan teliti kira-kira usaha yang cocok dengan kemampuan kita apa.


5. Cari Mentor Yang Sudah Berpengalaman
Mencari orang yang sudah berpengalaman di bidang usaha yang akan kita mulai juga hal penting, banyak orang yang gagal di tengah jalan karena orang tersebut terlalu percaya diri. Memulai usaha perlu pembimbing yang handal untuk kita andalkan dalam segala hal.


6. Siapkan Mental
Pasang surut di setiap usaha merupakan hal yang wajar terjadi, membuka usaha tidak selamanya berjalan dengan apa yang kita rencanakan, nah dalam situasi tersebutlah mental kita di uji, orang yang bermental tempe bakalan nyerah gitu aja. Jadi membuka usaha sendiri itu membutuhkan mental yang tahan banting, dan tahan dalam situasi apapun.



7. Promosi
Melakukan promosi untuk menarik pelanggang atau mengetahui barang yang kita jual sangat lah penting. Coba share ke media sosial, atau adakan diskon setengah harga. Lakukan berbagai macam hal untuk menarik pelanggan kita. Pelanggan kan kunci utama maju mundurnya suatu usaha.


Mungkin itu dulu langkah-langkah membuka usaha sendiri. Jangan takut untuk mencoba, merintis usaha sendiri itu sangat pedih, ada buat makan sehari-hari aja udah bersyukur (pengalaman pribadi :v) jangan terburu-buru pada saat ingin memulai usaha, perencanaan yang matang hasilnya akan lebih tertata rapi (EP)
JANGAN LUPA BACA HARI INI