Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

5 Macam Olahraga Yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda

Macam-macam Olah Raga Yang Cocok Untuk Ibu Hamil



Ibu hamil muda pasti merasa takut untuk melakukan olah raga, karena banyak isu kalau ibu hamil muda tidak boleh melakukan aktifitas berat, karena akan berpengaruh pada janin muda dalam kandungan, memang benar ibu hamil muda masih rentang dengan aktifitas-aktifitas berat, seperti jangan terlalu ngangkat beban-beban berat atau aktifitas yang membuat otot perut ibu hamil lebih tertekan, apalagi kalau usia kandungan masih menginjak trimester. Nah untuk itu dokter akan menganjurkan olahraga yang baik atau cocok untuk ibu hamil muda, selain menyehatkan, juga sangat bermanfaat bagi kelancaran saat melahirkan, dalam catatan ibu hamil harus melakukan olahraganya dibarengi oleh instruktur olahraga/ senam agar olahraga yang dilakukan bisa berjalan dengan baik dan benar. Berikut adalah 5 olahraga yang cocok dilakukan untuk ibu hamil muda.


Baca Juga : Tips Cara Menghadapi Istri Yang Sedang Hamil. Buat Para Suami Nihh

1. Berenang

Beranang adalah salah satu olahraga yang cocok untuk ibu hamil, berenang secara ringan manfaatnya untuk melatih otot dan kesehatan jantung ibu. Posisi berenang yang dianjurkan untuk ibu hamil ialah dengan posisi telentang atau menghadap keatas, lakukan seminggu 2 kali dan jangan lupa setelah berenang segera minum air putih untuk menetralkan cairan tubuh yang hilang


2. Jalan Santai


Jalan santai merupakan olahraga yang sangat aman dan paling mudah dilakukan ibu hamil. meskipun terbilang paling aman ibu harus tetap perhatikan sepatu yang digunakan,jangan memakai sepatu yang hak tinggi, lebih dianjurkan memkai sandal aja ya. dan di harapkan jangan jalan terlalu jauh apalagi sampai berpuluh-puluh kilo, tetapi cukup berjalan disekitaran komplek rumah aja, atau sekitar rumah aja. Kalau bisa sambil di dampingi suami ibu.


3. Yoga/ Relaksasi


Yoga memang olahraga yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil, dengan rutin melakukan yoga ibu hamil dapat mengurangi tingkat kesetresannya. selain baik untuk ibu, juga baik untuk janin yang ada dalam kandungan. harus tetap dibawah bimbingan instruktur yoga ya.


4. Peregangan Otot Ringan/ Stretching


Lakukan gerakan pemanasan atau pergangan otot-otot kecil, melakukan peregangan otot sedikitnya mengurangi cedera otot anda. Pelemasan pada otot-otot anda akan terhindar dari aktifitas shock ketika melakukan kegiatan yang agak berat. lakukan Peregangan ringan setiap pagi dan sore


5. Senam Kegel


Senam kegel juga baik di lakukan untuk ibu hamil, gunanya untuk memperkuat otot-otot vagina agar bisa lebih kuat dalam menjalani perkembangan janin. Selain itu juga senam Kegel dapat membentuk tubuh dan mengurangi rasa sakit saat melahirkan. Lakukan gerakan ini beberapa kali dalam sehari.


Itulah ke 5 olahraga yang cocok dilakukan saat hamil muda, ibu coba lakukan dengan rutin dan tetap harus di dampingi oleh tenaga yang ahli. Dan jangan lupa harus konsultasi dulu sama dokter, karena kondisi ibu hamil berbeda-beda.
Jadi mulai sekarang ibu jang takut lagi untuk melakukan olahraga (EP)
JANGAN LUPA BACA HARI INI