Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Cara Membuat Thumbnail Youtube Dari Cuplikan Video

Setiap video yang di upload ke youtube sudah pasti harus menggunakan Thumbnail Video fungsinya tak lain untuk menarik viewer ataupun mempercantik tampilan video. Gambar Thumbnail sama pentingnya dengan judul yang kita buat untuk video, jika kita benar-benar ingin mendapatkan penayangan dan klik lebih banyak Thumbnail video itu lah yang akan membantu kita lebih terlihat menonjol didalam daftar pencarian. Hal tersebut dikarenakan Thumbnail video berperan penting mewakili kualitas video kita dalam mesin pencarian.
Cara Membuat Thumbnail Youtube Dari Cuplikan Video - kored ID

Setelah sebelumnya membahas tentang Cara Membuat Thumbnail Video menggunakan Photoscape, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Cara Membuat Gambar Thumbnail Youtube Dari Cuplikan Video, Cara ini merupakan cara yang paling mudah untuk membuat Thumbnail youtube dari cuplikan video yang akan kita upload. Ukuran Thumbnailnya pun bisa disesuaikan dengan kualitas videonya.

Untuk cara membuatnya dibutuhkan Software Camtasia Studio, Apa itu Camtasia Studio? Camtasia Studio adalah Software yang dikembangkan oleh TechSmith. Camtasia sendiri biasanya digunakan untuk merekam semua aktifitas yang ada pada layar desktop komputer. Software ini bisa kita manfaatkan untuk membuat media pembelajaran berbasis multimedia yaitu dengan membuat vidio tutorial atau pelatihan dan membuat vidio presentasi bahkan editing video.
Sudah tahu kan apa itu camtasia studio? Kembali ke pembahasan, Lalu bagai mana cara membuat thumbnail youtube menggunakan camtasia studio dari cuplikan video?

Baca Juga : Tips Cara Mengajukan Ulang Monetisasi Youtube Supaya Di Monetisasi Kembali

Cara Membuat Gambar Thumbnail Youtube Dari Cuplikan Video Menggunakan Camtasia Studio 8.6

Thumbnail yang disediakan youtube ketika mengupload sebuah video biasanya hanya cuplikann video yang kurang jelas dan tidak sesuai dengan keinginan kita, dengan cara ini kita bisa membuatnya dari cuplikan video sesuai yang kita mau. Bahkan Ukuran Thumbnailnya pun bisa sesuai dengan video yang kita upload.

1. Buka Software Camtasia Studio, Jika Belum memilikinya silahkan Download terlebih dahulu
2. Pilih Import Media Untuk Memasukan Video
Cara Membuat Thumbnail Youtube Dari Cuplikan Video - kored ID

3. Setelah Video berada di Clip Bin -> Klik Kanan Di Video -> Add To Timeline At Playhead

4. Sesuaikan Ukuran Caranya, Klik Editing Dimensions

5. Geser atau Play Video, Tentukan Cuplikan Video yang akan Dijadikan Thumbnail

6. Setelah Mendapatkan Cuplikan Video yang Pas untuk dijadikan Thumbnail, Klik File -> Produce Special -> Export Frame As..
Cara Membuat Thumbnail Youtube Dari Cuplikan Video - kored ID

7. Save, Selesai
Jika kalian ingin menambahkan text dalam gambar Thumbnail atau ingin menambahkan gambar lain dengan cara mudah dan menggunakan software yang ringan dan mudah digunakan, Caranya sudah saya bahas dalam artikel sebelumnya Cara Membuat Thumbnail Video Menggunakan Photoscape

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Syntax Highlighter Pada Postingan Blogger

Setiap cuplikan video yang di pause untuk di jadikan thumbnail biasanya menghasilkan gambar yang sedikit buram bahkan akan terlihat agak goyang, mungkin dengan cara di atas bisa meminimalisir hal-hal tersebut. Namun untuk para pembuat video profesional untuk membuat thumbnail videonya cara yang mereka digunakan bukan dari cuplikan video namun dari hasil jepretan camera dengan menyesuikan isi video tersebut. Untuk hasilnya pun pasti lebih bagus dari cara ini.

Itulah Cara Membuat Thumbnail Youtube Dari Cuplikan Video menggunakan camtasia studio. Semoga bermanfaat.