Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Anda Orang Tua? Hindari Kata-kata Ini Terhadap Anak Anda

Perkataan Yang Tidak Boleh Di Ucapkan Orang Tua Terhadap Anaknya



Bagi setiap orang tua tentunya ingin sekali melakukan hal terbaik untuk anakanya, kita sebagai orang tua berbagai hal akan dilakukan untuk membahagiakan anaknya.
Setiap anak dilahirkan dengan berbagai macam karakter, ada yang pendiam, pemarah bahkan pemalu, dari bergagai karakter tersebut akan timbul sifat atau karakter yang setidaknya tidak di inginkan oleh orang tuanya, nah disituasi seperti ini lah kita sebagai orang tua di uji. Kita sebagai orang tua harus pintar-pintar menjaga emosi dan ucapan kita, ucapan atau perkataan dari orang tua itu merupakan suatu do'a untuk anaknya.

Saat kesal atau marah, sesekali orang tua mengucapkan kalimat atau kata yang kurang mengenakan bagi sang anak, kalimat yang disertai nada membentak, otomatis sang anak akan merasa ketakutan.
Tahukan anda sebagai orang tua, ada banyak perkataan yang jangan pernah ibu/ bapak lontarkan kepada anak meskipun anda sedang marah padanya?apa saja itu?

1. Dasar Anak Nakal/ Bandel
Ucapan atau kalimat seperti itu paling sering di lontarkan orang tua terhadap anaknya, setiap anak kalau melakukan kesalahan hal yang akan pertama di ucapkan orang tua itu biasanya kamu nakal, dasar anak nakal. Itu merupakan kalimat yang tak seharusnya tidak terucap dari mulut orang tua, ada kalimat lain yang lebih baik dari itu.

2. Kamu Itu Seperti Ibu/ Bapakmu
Jangan sesekali anda sebagai orang tua memarahi dengan cara membandingkan kelakuan ibu/ bapaknya, lambat laun perkataan itu akan bedampak buruk sama sang anak bahkan secara tidak langsung akan mensugesti di pikiran anak kalau dia melakukan atau berprilaku seperti itu karena turunan dari orang tuanya.

3. Ibu/ Bapak Malu Punya Anak Sepertimu
Perkataan atau kalimat ini merupakan kalimat yang paling berbahaya bagi si anak, nantinya anak anda lambat laun akan menjauhi anda. Kalimat di atas seolah-olah anda telah mengusirnya daru kehidupan anda bahkan si anak akan merasa kehadirannya dirinya tidak di inginkan oleh kedua orang tuanya. Si anak bisa lebih brutal di luar sana dan mencari tempat yang paling nyaman menurutnya.

4. Kamu Jangan Ini, Jangan Itu (Tidak Boleh)
Anda pernah melarang anaknya untuk melakukan sesuatu? Misalnya, anda melarang anaknya menggunakan atau memainkan laptop pribadi anda. Melarangnya merupakan tindakan yang sangat salah, nantinya si anak akan merasa takut lagi menggunakan laptop itu. Lebih baik anda membiarkannya sambil mengawasinya, kalau terjadi hal yang tidak di inginkan anda bisa langsung mencegahnya baik-baik.

5. Kamu Tidak Seperti Saudaramu
Jangan pernah ibu/ bapak memabandingkan anak dengan sodara yang lain hanya karena saudara-saudaranya lebih pintar atau lebih nurut. Kalau kita selalu membandingan terus-menerua nantinya si anak akan merasa minder, belum lagi akan membenci saudara-saudara yang lainnya karena saudaranya merasa lebih di istimewakan

6. Ucapan Menakuti
Seringkali kita menakuti sang anak untuk menjauhi barang atau membujuk anak biar mau makan atau mandi, dengan cara menakutinya terlebih dahulu, hal tersebut jelas cara salah, dengan cara demikian akan menjadikan anak anda menjadi penakut setelah mulai dewasa nanti.

7. Mengancam Anak
Tak jauh beda dari point 6, mengancam anak ketika melakukan kesalahan atau ketika sang anak ingin melakukan sesuatu tapi anda tidak menginginkannya, sering kali anda mengancam anak untuk menjauhi atau tidak melakukan hal tersebut.
Jangan sampai anda mengancam anak anda supaya tidak melakuoan sesuatu, lebih baik awasi dan bimbing sang anak supaya tidak kehilangan rasa percaya dirinya.

Itulah perkataan atau kalimat yang tidak boleh di ucapkan orang tua terhadap anaknya. Semoga dengan artikel ini orang tua lebih menjaga ucapannya terhadap anaknya.
Anak adalah anugrah dari tuhan, jaga dan sayangilah dia. (EP)
JANGAN LUPA BACA HARI INI