Menjadi Karyawan Atau Usaha Sendiri? - Kored ID

17 December 2018

Menjadi Karyawan Atau Usaha Sendiri?

Mendingan Menjadi Karyawan Atau Usaha Sendiri?


Tentunya setiap kehidupan mempunyai pilihan hidup untuk di jalani, begitu pun dalam hal pekerjaan. Ada yang memilih menjadi seorang karyawan di suatu perusahaan ataupun memilih membuka usaha sendiri. Mana yang lebih baik dan mana yang lebih menguntungkan dalam segi pendapatan? Tentunya kedua hal tersebut ada kekurangan dan kelebihannya, belum resiko yang akan di hadapi.
Sekarang kita coba bahas kelebihan dan kekurangan kedua pekerjaan tersebut.


1. Kelebihan Menjadi Seorang Karyawan

Penghasilan/ Gaji Sudah Pasti
Yang namanya karyawan sudah pasti setiap bulan mendapat upah/ gaji dari hasil kerjanya satu bulan. Besar dan waktu pun sudah pasti dan sudah bisa diprediksi


Waktu Lebih Teratur
Seorang karyawan memiliki jam kerja yang sangat teratur dan pasti. Rata-rata jam kerja karyawan masuk jam 8 pulang jam 16.00 bahkan ada yang sampai jam 15.00. Waktu libur seorang karyawanpun sudah di atur, kalau masuk kerja di hari libur pasti itu terhitung jam kerja lembur.


Dapat Merencanakan Pengeluaran
Berhubung upah sudah bisa diprediksi, jadi pengeluar bulan depanpun sudah bisa di perihitungkan.


Kemampuan Mudah Berkembang
Kemampuan seorang karyawan bisa cepat berkembang dengan adanya komunikasi dengan karyawan lainya. Seorang karyawan bisa saling sharing kemampuan. Dan bisa saling mengajarkan satu sama lain.


2. Kelebihan Membuka Usaha Sendiri

Jam Kerja/ Libur Kita Yang Atur
Dalam segi jam kerja semua yang ngatur adalah kita sendiri, kita bebas mengatur hari libur kita dan jam kerja kita tanpa ada yang membatasi keinginan kita.


Penghasilan Semua Milik Kita
Salah satu faktor yang mendukung kita membuka usaha sendiri ialah penghasilan yang bisa melebihi upah karyawan. Semakin kita kerja keras, semakin banyak untung/ penghasilan yang qta dapat dan penghasilan atau keuntungan itu mutlak milik kita sendiri tanpa ada yang bisa ganggu gugat.


Membangun Mental Lebih Mandiri
Sebagai pemilik usaha sendiri kita dituntut mempunyai mental yang kuat untuk kesetabilan usaha yang kita kelola. Disaat kita ada masalah, tidak ada siapaun yang kita andalkan selain diri kita sendiri. Disitu lah mental kita di uji, jadi untuk kedepannya kalau ada masalah yang cukup berat, kita dapat menyelesaikannya sendiri dengan cukup mudah.
Itu sebagian kecil kelebihan antara menjadi karyawan atau membuka sendiri? Sekarang kita bahas kekurangan kedua pekerjaan tersebut.
1. Kekurangan Menjadi Karyawan

Upah Sudah Ditentukan Perusahaan/ Tetap
Setiap karyawan yang bekerja di suatu perusahaan, gaji/ upah sudah di tentukan oleh perusahaan, ya walaupun perusahaan tersebut mendapat keuntungan yang lebih. Kalau pun kita ingin mendapatkan upah yang lebih besar, maka kita harus menambah jam kerja kita.


Terikat Peraturan Perusahaan
Setiap perusahaan pasti mempunyai aturan masing-masing, kita sebagai karyawan otomatis harus mentaati perusahaan tersebut meskipun kita tidak menyukai peraturannya.


Menerima Teguran Dari Atasan
Setiap manusia pastinya tidak luput dari kesalahan, sekarang anda bekerja sebagai karyawan pastinya kalau kita salah pasti kena teguran atasan/ boss, ya mau gak mau kita harus terima omelan atasan.


2. Kekurangan Membuka Usaha Sendiri

Penghasilan Tidak Tetap
Yang namanya usaha sendiri pasti nya pendapatan kita setiap harinya berbeda-beda. Kadang besar kadang kecil bahkan tidak mendapat uang sama sekali.


Mengeluarkan Modal Sendiri
Setiap usaha yang kita jalani tentunya membutuhkan modal yang cukup besar, apalagi usaha yang akan kita jalani merintis dari nol. Beda kalau menjadi karyawan kita cukup melamar ke perusahaan, bekerja lalu mendapat upah setiap bulannya.


Mengeluarkan Banyak Waktu
Bisa dibilang waktu kita sangat dikuras. Memang kita sendiri yang mengatur liburnya, tapi kalau kita banyak libur mana bisa kita menghasilkan uang. Waktu bersama keluarga dan teman juga sangat sedikit.

Mungkin itu dulu sebagian kecil kekurangan dan kelebihan ke dua pekerjaan teraebut. Apapun pekerjaan dan usahanya tetap syukuri dan nikmati.(EP)
JANGAN LUPA BACA HARI INI